Kamis 13 Jul 2023 12:33 WIB

Album Musik Terlaris di Amerika, Ada Punya Suga dan Jimin BTS, di Posisi Berapa?

Pembelian album musik baik fisik maupun digital di AS pada 2023 meningkat 7,9 persen.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Suga BTS. Album milik Suga dan Jimin BTS masuk dalam 10 album dengan penjualan terbesar di Amerika Serikat.
Foto: Instagram/@agustd
Suga BTS. Album milik Suga dan Jimin BTS masuk dalam 10 album dengan penjualan terbesar di Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan album terus meningkat di Amerika Serikat (AS). Laporan tengah tahun Luminate (analis data industri hiburan) mengungkapkan pembelian album, baik dalam format digital maupun fisik, telah meningkat secara signifikan sebesar 7,9 persen dibandingkan dengan pertengahan tahun 2022 di AS.

Mereka yang memimpin adalah Taylor Swift dan beberapa bintang K-pop. Taylor Swift mengeklaim album terlaris tahun 2023 sejauh ini dengan Midnights yang sebenarnya dirilis pada tahun 2022.

Baca Juga

Album pop ini telah dibeli oleh 607 ribu penggemar melampaui setiap judul lainnya dengan jumlah hampir dua kali lipat. Perlu dicatat, Midnights telah terjual ratusan ribu eksemplar tahun lalu yang membuat kesuksesannya yang berkelanjutan di tahun 2023 menjadi lebih luar biasa.

Di antara 10 album terlaris teratas di AS pada pertengahan tahun 2023, hanya empat judul yang berasal dari artis Barat. Morgan Wallen, Metallica, dan Melanie Martinez bergabung dengan Swift dalam daftar ini.

Sementara sisanya adalah bintang Korea Selatan, baik band maupun solois yang menampilkan popularitas K-pop di pasar Amerika. Di nomor dua dalam daftar adalah grup K-pop Tomorrow X Together dengan album The Name Chapter: Temptation.

Album tersebut telah terjual hampir 400 ribu eksemplar pada tahun ini dan kemungkinan besar sudah mencapai tonggak sejarah itu pada saat publikasi artikel ini. Stray Kids mengikuti dari dekat dengan 5-Star, album nomor satu ketiga dan terbaru mereka di Billboard 200 yang telah terjual 327 ribu eksemplar.

Girl grup Korea Selatan Twice menempati posisi keempat dengan Ready to Be yang telah terjual 286 ribu eksemplar. One Thing at a Time karya Morgan Wallen menutup bagian atas grafik dengan 242 ribu yang eksemplar dibeli.

Dalam beberapa tahun terakhir, BTS sering mendominasi puncak tangga lagu atau mengeklaim posisi teratas. Namun, grup tersebut saat ini sedang dalam masa rehat karena beberapa anggota menjalani wajib militer, sementara yang lain mengerjakan proyek solo.

Namun, dua personelnya yakni Jimin dan Suga, masuk ke peringkat khusus penjualan ini. Album Suga, D-Day, dirilis di bawah nama Agust D, telah terjual 200 ribu eksemplar. Sedangkan Face oleh Jimin tidak jauh tertinggal dengan 196 ribu penjualan murni.

Berikut adalah 10 album terlaris di AS pada pertengahan tahun 2023, dilansir Forbes, Kamis (13/7/2023):

1. Taylor Swift - Midnights – 607 ribu.

2. Tomorrow X Together – The Name Chapter: Temptation – 399 ribu.

3. Stray Kids – 5-Star - 327 ribu.

4. Twice – Ready to Be – 286 ribu.

5. Morgan Wallen – One Thing at a Time – 242 ribu.

6. Seventeen - FML – 236 ribu.

7. Metallica - 72 Seasons – 215 ribu.

8. Agustus D (Suga) - D-Day – 200 ribu.

9. Jimin - Face – 196 ribu.

10. Melanie Martinez - Portals – 194 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement