Rabu 12 Jul 2023 16:46 WIB

Bau Kaki Bisa Rusak Suasana Liburan, Begini Cara Mudah dan Murah Mengatasinya

Bau kaki akan membuat orang tak nyaman menciumnya begitu sepatu dibuka.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki (ilustrasi). Merendam kaki dengan teh hitam dapat menghilangkan bau kaki.
Foto: www.freepik.com
Kaki (ilustrasi). Merendam kaki dengan teh hitam dapat menghilangkan bau kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat cuaca cukup panas, sering kali orang lupa bahwa bukan hanya tubuh bagian atas yang berkeringat, tetapi juga kaki. Tidak jarang kaki yang berkeringat akan menimbulkan bau, dan juga membuat orang tidak nyaman menciumnya ketika membuka sepatu.

Apalagi, saat musim liburan, tentu saja hal itu tidak diharapkan. Kini, bukan tidak mungkin mengatasinya dengan bahan yang bisa dipakai khusus untuk kaki.

Baca Juga

Salah satunya dengan teh hitam. Caranya bisa dengan merendam kaki di dalam teh hitam, menurut salah satu ahli. Ini adalah opsi do it yourself (DIY) yang murah, mudah, dan cepat untuk menghilangkan bau kaki.

"Asam tanat dalam teh hitam membantu mengobati kaki berkeringat, penyebab bau kaki," kata ahli penyakit kaki dr Jackie Sutera DPM yang berbasis di New York City, Amerika Serikat, seperti dikutip dari The Sun, Rabu (12/7/2023).

 

Merendam kaki dengan teh hitam akan menutup saluran keringat dan pori-pori serta membunuh bakteri permukaan, yang berfermentasi dan menimbulkan bau. Ahli menyarankan agar orang-orang yang memiliki masalah bau kaki untuk mencoba trik ini selama bulan-bulan musim panas.

"Tapi itu tindakan pencegahan, jadi penting untuk merendam sebelum masalah tiba," jelas dia kepada situs web kesehatan LiveStrong.

Ada cara membuat rendaman teh hitam untuk kaki. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti untuk menghilangkan bau kaki, menurut dr Jackie.

1. Seduh dua kantong teh hitam dalam cangkir

Tidak perlu terlalu kaku soal merek atau jenis teh. Teh celup termurah berasal di pasar juga bisa dipakai untuk trik ini.

2. Tunggu air jadi hangat

Anda tidak ingin kaki Anda terbakar. Pastikan airnya suam-suam kuku sebelum mencelupkan kaki ke dalam air.

3. Pindahkan ke ember atau mangkuk yang cukup besar untuk memasukkan kaki

4. Rendam kaki selama 10 menit

Duduk dan bersantai sambil membiarkan teh bekerja dengan optimal.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement