Senin 10 Jul 2023 23:19 WIB

Menopause Bisa Picu Masalah Gigi dan Mulut, Apa yang Mungkin Terasa?

Penurunan kadar estrogen dapat memicu berbagai gejala.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan menyikat gigi (ilustrasi). Menopause dapat mempengaruhi tubuh dalam banyak hal, tetapi masalah gigi dan mulut sering kali diabaikan.
Foto:

Lantas, apa yang harus dilakukan jika seorang wanita mengalami gejala tersebut? Dokter Sheikh menyarankan untuk segera berkonsultasi dan memeriksakannya ke dokter gigi. Ia juga mengingatkan pentingnya pemeriksaan secara teratur agar mereka bisa memantau setiap perubahan.

"Anda mungkin akan dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut jika mereka mencurigai Anda mengalami pengeroposan tulang," kata dr Sheikh.

Selain itu, dr Sheikh juga mengimbau kelompok wanita menopause untuk menghindari makanan manis dan asam yang dapat berdampak negatif pada gigi, termasuk alkohol yang penuh dengan gula dan berkontribusi pada mulut kering.

Sheikh juga menganjurkan perempuan menopause untuk berhenti merokok dan vaping. Pasalnya, komponen utama dari vape dan rokok, yakni nikotin membatasi aliran darah ke gusi, sehingga menyebabkan peningkatan risiko penyakit gusi.

"Ketika dicampur dengan propilen glikol, formaldehida dan benzena (bahan kimia lain yang sering ditemukan dalam vape), risiko ini semakin meningkat dan pada akhirnya dapat menyebabkan banyak gigi tanggal," kata Sheikh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement