Rabu 05 Jul 2023 20:00 WIB

Pramugari: Barang Ini Jangan Sampai Ketinggalan Dibawa Saat Naik Pesawat

Membawa barang bawaan yang tepat jadi kunci nyaman di pesawat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Calon penumpang antre untuk masuk ke dalam kabin pesawat di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (13/5/2022). Ada barang bawaan wajib bagi penumpang pesawat, menurut pramugari
Foto: ANTARA/Makna Zaezar
Calon penumpang antre untuk masuk ke dalam kabin pesawat di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (13/5/2022). Ada barang bawaan wajib bagi penumpang pesawat, menurut pramugari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap penumpang tentu ingin merasa nyaman selama terbang dengan pesawat. Salah satu kunci penting agar penumpang bisa merasa nyaman di pesawat adalah membawa barang bawaan yang tepat.

Menurut pramugari, Caroline, ada beberapa barang yang wajib dibawa oleh penumpang pesawat, terlepas dari cuaca atau kondisi lokasi tujuan mereka. Caroline menilai, barang-barang ini perlu dibawa demi kenyamanan para penumpang pesawat selama perjalanan.

Baca Juga

Salah satu barang bawaan wajib bagi penumpang pesawat adalah sweatshirt atau baju berlengan panjang dan berbahan katun tebal. Sweatshirt bisa membuat para penumpang pesawat merasa lebih hangat di tengah kondisi bandara dan pesawat yang sangat dingin.

"Penumpang sering kali meminta selimut kepada saya (saat di pesawat) karena mereka hanya menggunakan celana pendek dan crop top (sehingga kedinginan)," ungkap Caroline, seperti dilansir Express pada Rabu (5/7/2023).

Meski tujuan penerbangan penumpang adalah tempat yang bercuaca panas, Caroline tetap menganjurkan mereka untuk membawa sweatshirt. Menurut Caroline, penumpang pesawat perlu menggunakan pakaian yang sesuai dengan kondisi pesawat, bukan sekadar tempat tujuan mereka.

"Bawa (sweatshirt) ke pesawat, gunakan pakaian yang hangat. Banyak maskapai penerbangan tidak menyediakan selimut, jadi jangan bergantung pada itu," tutur Caroline.

Bila tujuan penumpang pesawat merupakan tempat yang hangat atau panas, Caroline lebih merekomendasikan mereka untuk menggunakan baju beberapa lapis. Lapisan baju teratas ini bisa mereka buka saat sampai di tempat tujuan. Dengan begitu, mereka bisa merasa hangat saat di pesawat dan tidak merasa gerah saat tiba di tempat tujuan yang panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement