Rabu 28 Jun 2023 00:09 WIB

Sering tak Disadari, Tanda Awal Diabetes Ini Muncul di Mulut dan Gigi

Diabetes merupakan penyakit kronis yang sering kali muncul tanpa gejala.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Menyikat gigi. Menurut dokter gigi, ada tanda khas diabetes yang bisa terdeteksi saat pemeriksaan gigi.
Foto: EPA
Menyikat gigi. Menurut dokter gigi, ada tanda khas diabetes yang bisa terdeteksi saat pemeriksaan gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes menjadi salah satu penyakit kronis yang sering kali muncul tanpa gejala. Tanda awal dari penyakit ini tidak selalu membuat seseorang merasa sakit. Oleh karenanya, menjadi peka terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh menjadi sangat penting.

Salah satu tanda awal yang bisa mengindikasikan seseorang menderita diabets adalah napas berbau buah dan mulut kering. Hal itu diungkap oleh dokter gigi dari Ruh Dental Inggris, Rizman Mahmood.

Baca Juga

"Sebagai dokter gigi, kami berada di garda terdepan dalam mendeteksi kondisi kesehatan yang serius seperti diabetes yang dapat berkembang di dalam tubuh tanpa sepengetahuan penderita. Inilah sebabnya Anda harus mengunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun untuk pemeriksaan dan pembersihan," kata Mahmood, seperti dikutip dari Express, Selasa (27/6/2023).

photo
Cegah pradiabetes berkembang menjadi diabetes. - (Republika)

Tanda lain pada mulut yang bisa menjadi indikasi diabetes meliputi gusi berdarah, gusi sakit, penyakit gusi, bau mulut, gigi mudah copot atau goyah, sariawan pada mulut, dan infeksi jamur pada mulut.  Mahmood menjelasskan gusi berdarah dan sakit bisa merupakan gejala penyakit gusi yang muncul pada orang dengan penyakit diabetes.

"Jika Anda menderita diabetes, Anda lebih mungkin menderita penyakit gusi yang dikenal sebagai penyakit periodontal. Ini adalah peradangan pada gusi dan tulang di sekitar gigi," jelas Mahmood.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement