Selasa 27 Jun 2023 02:02 WIB

Makanan yang Pernah Viral di Indonesia, Kamu Udah Coba yang Mana?

Popularitas suatu makanan kini dapat mudah menyebar dari media sosial.

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan natto khas Jepang. Natto menjadi salah satu makanan yang sempat viral di Indonesia.
Foto: EPA-EFE/Johan Nilsson SWEDEN OUT
Makanan natto khas Jepang. Natto menjadi salah satu makanan yang sempat viral di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada era serbadigital, sangat muda untuk memviralkan sesuatu. Dulu informasi dapat menyebar dari mulut ke mulut. Namun kini, informasi tersebar dari beranda ke beranda media sosial. Banyak pengguna media sosial membagikan kabar terbaru kepada orang-orang yang terhubung dengan mereka di medsos, termasuk soal makanan.

Berikut ini lima makanan yang pernah viral di Indonesia seperti dirangkum oleh tim Republika.co.id:

Baca Juga

1. Seblak coet

photo
Seblak ala Rafael. - (Instagram/@geprek_rafael)

 

Makanan khas Sunda ini belakangan sedang viral karena cara pembuatannya beda dari seblak yang biasa kita temui. Biasanya, masyarakat membeli seblak yang ada kuahnya dengan berbagai jenis topping pendamping. Namun seblak viral kali ini beda.

Cukup dengan merebus kerupuk, lalu dicampur dengan bahan-bahan yang sudah diulek bersamaan seperti cabai, bawang putih, kencur, garam, dan minyak panas. Selain rasanya yang enak, seblak coet ini memberikan tekstur yang berbeda dari seblak biasanya.

2. Risol mayo 

photo
Risoles mayo. - (www.freepik.com)

 

Gorengan risol tak asing untuk masyarakat Indonesia karena mudah ditemui di mana pun dan dengan harga terjangkau. Namun risol yang kita bahas kali ini berbeda dengan risol pada umumnya.

Dia adalah risol mayo yang memiliki isi telur, beef bacon, dan campuran saus mayoaes, serta dibalut dengan kulit tepunghomemadedan dilapisi lagi dengan tepung roti. Salah satu risol mayo yang terkenal adalah risol mayo Margo.

3. Latiao

photo
Latiao, camilan asli Provinsi Henan, Cina. - (Dok Weilong Latiao Spicy Gluten China)

 

Mungkin sebagian dari kamu merasa asing saat mendengar nama ini. Wajar saja, karena ini bukan kuliner Nusantara, melainkan khas Sina. Untuk pengguna Tiktok pasti tahu karena makanan ini sedang viral di FYP.

Makanan yang berbahan dasar kulit tahu yang dicampur dengan bumbu-bumbu Cina memberi rasa berbeda ketika dinikmati. Ada dua macam jenis latiao yakni latiao gulung dan latiao daging (pipih), keduanya memiliki tekstur berbeda.

4. Chesee roll

photo
Chesee roll. - (www.freepik.com)

 

Makanan manis ini sangat cocok dimakan bersama minuman hangat seperti kopi, cokelat, teh hangat, atau sebagai teman ngemil kalian. Pembuatannya juga sangat mudah hanya perlu tiga bahan saja yakni kulit lumpia, keju, gula.

Caranya, letakkan keju di dalam kulit lumpia. Jangan lupa tuang gula secukupnya sebagai penambah rasa manis. Setelah itu chesee roll siap digoreng. Kalian juga bisa menambah topping sesuai selera kalian, misalnya selai cokelat, susu, mesis, dan lainnya.

5. Natto

photo
Natto (Ilustrasi) - (Rocketnews24)

 

Natto adalah makanan khas dari Jepang. Berbahan dasar dari kedelai lalu difermentasi, membuat tekstur natto lengket dan berlendir. Makanan ini viral karena meski rasanya kurang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, namun banyak yang penasaran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement