Senin 26 Jun 2023 09:42 WIB

Jangan Salah Pilih, Makanan-Minuman Ini Terkenal Terbaik dan Terburuk Buat Cuaca Panas

Minuman tertentu justru dapat membuat orang mudah mengalami dehidrasi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman bersoda (Ilustrasi). Soda, minuman beralkohol, dan minuman energi berpotensi menyebabkan lebih banyak air keluar dari tubuh daripada yang dimasukkan.
Foto: Pxhere
Minuman bersoda (Ilustrasi). Soda, minuman beralkohol, dan minuman energi berpotensi menyebabkan lebih banyak air keluar dari tubuh daripada yang dimasukkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya minum air dalam jumlah cukup yang bisa membantu tubuh melewati cuaca panas. Menyantap makanan yang tepat selama cuaca panas juga dapat memberi dampak positif, seperti menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Dikutip dari laman Nottingham Post, Senin (26/6/2023), ahli gizi Toby King menyarankan makan buah berair seperti tomat, semangka, dan stroberi. Itu akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi, sehingga terbebas juga dari risiko sembelit, kelelahan, dan sakit kepala.

Baca Juga

King menjelaskan, tomat punya kandungan air 95 persen, sementara stroberi punya kandungan air 92 persen. Dia juga merekomendasikan buah beri apa pun dengan kandungan air 80 persen ke atas untuk membantu tetap terhidrasi di cuaca panas.

Blueberi diketahui punya kandungan air 85 persen. Sementara itu, kandungan air di buah raspberi mencapai 87 persen.

 

"Buah beri adalah makanan ringan yang enak disantap. Bisa juga ditambahkan ke dalam air untuk membantu menggandakan hidrasi," kata King.

Minuman yang King sarankan saat cuaca panas adalah susu, sebab itu lebih menghidrasi daripada air berkat komposisi nutrisinya. Susu mengandung lemak dan protein yang memperlambat proses pengosongan cairan di perut sehingga hidrasi bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Sebaliknya, ada juga minuman yang harus dihindari saat cuaca panas, antara lain soda, minuman beralkohol, dan minuman energi. King menyampaikan, jenis minuman itu berpotensi menyebabkan lebih banyak air keluar dari tubuh daripada yang dimasukkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement