Senin 26 Jun 2023 09:30 WIB

Pengunjung Kedai Kopi Dianggap tak Sopan Ketika Kelakuannya Seperti Ini

Kedai kopi telah menjadi tempat favorit banyak orang untuk bersosialisasi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kedai kopi (Ilustrasi). Ada etika yang perlu diperhatikan pengunjung ketika berada di kedai kopi, kafe, maupun restoran.
Foto:

Bersantai Seperti di Rumah

Kedai kopi memang memiliki suasana yang sangat nyaman. Namun, bukan berarti pengunjung bisa seenaknya duduk sambil mengangkat kaki atau melepas sepatu. Pengunjung juga tidak boleh menyelonjorkan kaki terlalu jauh hingga mengenai area pengunjung lain.

Memesan Menu yang tak Terdaftar atau Terlalu Rumit

Jangan berasumsi bahwa semua barista tahu menu-menu rumit yang pengunjung inginkan. Bila ingin memesan sesuatu yang tak ada di menu, pengunjung harus bertanya terlebih dahulu apakah barista bisa menerima pesanan tersebut. Bila barista menyanggupi, pengunjung juga harus memberikan deskripsi yang jelas mengenai pesanan mereka.

Meninggalkan Meja dalam Kondisi Berantakan

Tinggalkan kedai kopi dengan kondisi meja dan kursi tetap rapi. Tiap-tiap kedai kopi memang memiliki petugas yang bertanggung jawab untuk membersihkan meja dan kursi. Namun, ada kalanya mereka tak memiliki cukup banyak waktu untuk membersihkan meja dan kursi ketika pengunjung berikutnya datang.

Beberapa kedai kopi juga menyediakan meja berisikan gula hingga kondimen lain yang bisa digunakan secara bebas oleh pengunjung. Pengunjung juga diharapkan bisa menjaga kondisi meja ini tetap rapi setelah mengambil kondimen yang mereka butuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement