Ahad 25 Jun 2023 09:39 WIB

Klaustrofobia Kumat Saat Baca Berita Kapal Selam Titan, Ini Penyebabnya

Klaustrofobia ialah perasaan takut yang sangat intens terhadap ruang sempit/tertutup.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kapal selama wisata itu membawa lima wisatawan untuk melihat puing-puing kapal Titanic
Foto:

Menurut psikolog klinis Cynthia Shaw, hal ini bisa terjadi karena penderita klaustrofobia bisa memiliki tingkat kecemasan yang sangat tinggi. Di sisi lain, mereka bisa dengan mudah membayangkan dirinya sendiri terjebak di dalam kapal selam saat membaca berita.

Kondisi tersebut akan memancing munculnya pemikiran-pemikiran mengenai bahaya dan kematian. Penderita klaustrofobia mungkin akan sulit untuk berhenti memikirkan nasib para penumpang kapal selam Titan dan terus merasa cemas.

"Apakah mereka akan ditemukan? Apakah mereka memiliki cukup makanan? Berapa lama mereka sudah hilang? Apa yang terjadi bila penumpang sakit? Mungkinkah mereka akan mati kelaparan?" jelas Shaw mencontohkan kekhawatiran yang mungkin dipikirkan penderita klaustrofobia setelah membaca berita.

Bila merasakan keluhan seperti ini, Rabon menganjurkan penderita klaustrofobia untuk membatasi diri dari paparan berita-berita mengenai seperti insiden hilangnya kapal selam Titan. Hal lain yang perlu dilakukan adalah self-care untuk membuat perasaan diri dengan lebih baik.

Menurut Shaw, tindakan melindungi diri ini bisa dilakukan dengan beragam cara, mulai dari menonton film hingga berbincang dengan teman. Bila perlu, penderita juga dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan mental profesional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement