Kamis 22 Jun 2023 23:40 WIB

Traveling ke Jeju Korea, Wisatawan Indonesia tak Perlu Pakai Visa

Jeju Tourism Organization mempromosikan Pulau Jeju khusus untuk wisatawan ndonesia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Turis berwisata di Pulau Jeju, Korea. Bagi wisatawan Indonesia, kini tak perlu pakai visa jika ingin berwisata ke Jeju.
Foto: EPA/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Turis berwisata di Pulau Jeju, Korea. Bagi wisatawan Indonesia, kini tak perlu pakai visa jika ingin berwisata ke Jeju.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setelah lebih dari dua tahun mengalami penurunan wisata akibat pandemi Covid-19, pariwisata dunia kini kembali bangkit. Banyak negara sudah membuka kembali gerbang pariwisata mereka, termasuk juga Korea Selatan.

Korea Selatan selalu menarik perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung terutama ke kota-kota besarnya, seperti Seoul, Busan, dan Jeju. Kini Korea Tourism Organization (KTO) secara khusus menggandeng Jeju Tourism Organization (JTO), mempromosikan Pulau Jeju khusus untuk wisatawan dari Indonesia.

Baca Juga

“Setelah pandemi dideklarasikan berakhir dan semakin banyak negara yang gencar mempromosikan pariwisata negaranya, Korea juga tidak bisa ketinggalan,” kata Direktur Korea Tourism Organization Jakarta Office, Yang Su Bae, dalam acara 2023 Korea Tourism Seminar–Jeju Island, Rabu (21/6/2023).

JTO secara gencar mempromosikan kebijakan bebas visa ke Jeju untuk negara Indonesia. Kebijakan ini memang sudah berlangsung sejak 2018, tetapi sempat ditangguhkan pada 2020 karena pandemi, dan diberlakukan kembali pada Juni 2022. Selain itu, JTO juga memperkenalkan rute penerbangan baru dari Indonesia ke Jeju menggunakan maskapai Scoot dengan rute Jakarta–Singapura–Jeju.

 

“Jeju dengan pesonanya menawarkan berbagai alternatif liburan untuk menikmati alam, kuliner dan budayanya,” ujar Direktur Departemen Pemasaran Global JTO, Kang Bong Seok, dalam kesempatan yang sama.

Ada 100 destinasi yang wajib dikunjungi di Korea Selatan, terutama di Jeju, seperti Taman Nasional Hallasan, Jeju Olle Trail, dan Seongsan Sunrise Peak. Selain itu, pengalaman festival yang wajib dicoba di Jeju adalah Jeju Fire Festival dan Seogwipo Canola Festival. Pulau Jeju juga menjadi inspirasi kisah dari serial “Island” yang dibintangi oleh Cha Eun-woo, Lee Da-hee, dan Kim Nam-gil.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement