Jumat 16 Jun 2023 08:54 WIB

Banyak Tikus di Rumah dan Lingkungan Sekitar? Gejala Ini Terasa Ketika Kena Penyakit Pes

Tikus patut diwaspadai karena dapat menyebabkan penyakit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Tikus. Paris, Prancis merupakan kota keempat dengan populasi tikus terbanyak di dunia.
Foto:

Orang yang terkena pes perlu segera diobati. Dilansir MedlinePlus, jika pengobatan tidak diterima dalam waktu 24 jam setelah gejala pertama muncul, risiko kematian meningkat.

Antibiotik seperti streptomisin, gentamisin, doksisiklin, atau ciprofloxacin digunakan untuk mengobati pes. Oksigen, cairan infus, dan dukungan pernapasan biasanya juga diperlukan.

Orang dengan pneumonic plague harus dijauhkan dari pasien lain dan prosedur isolasi akan dijalankan di rumah sakit. Orang yang pernah kontak dengan orang yang terinfeksi pneumonic plague harus diawasi dengan hati-hati dan diberikan antibiotik sebagai tindakan pencegahan.

MedlinePlus menyarankan untuk menghubungi profesional medis jika Anda mengalami gejala pes setelah terpapar kutu atau hewan pengerat. Selain itu, hubungi profesional medis jika Anda tinggal atau pernah mengunjungi daerah di mana terjadi pes.

Di sisi lain, pengendalian tikus dan pemantauan penyakit pada populasi hewan pengerat liar adalah tindakan utama yang digunakan untuk mengendalikan risiko epidemi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement