Jumat 16 Jun 2023 01:35 WIB

6 Penyakit Berbahaya yang Ditularkan Oleh Tikus dan Hewan Pengerat

Tikus bisa menularkan penyakit yang berbahaya bagi kesehatan, bahkan mematikan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tikus. Mulai dari infeksi hantavirus hingga infeksi salmonella dapat menyerang manusia dengan perantara tikus.
Foto: Freepik
Tikus. Mulai dari infeksi hantavirus hingga infeksi salmonella dapat menyerang manusia dengan perantara tikus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan hama tikus atau hewan pengerat lain yang tak terkendali bisa memunculkan sejumlah risiko penyakit bagi manusia. Sebagian dari penyakit tersebut tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius atau bahkan kematian.

Tikus atau hewan pengerat lain bisa menularkan penyakit kepada manusia melalui sejumlah cara. Salah satu di antaranya adalah melalui kontak dengan kotoran, feses, atau material sarang tikus dan hewan pengerat yang membawa kuman.

Baca Juga

Cara lainnya adalah melalui gigitan atau kontak langsung dengan tikus dan hewan pengerat yang membawa kuman. Setidaknya, ada enam penyakit berbahaya bagi manusia yang bisa ditularkan oleh tikus dan hewan pengerat. Berikut ini adalah keenam penyakit tersebut, seperti dikutip dari EarthGuardPest pada Kamis (15/6/2023).

Infeksi Hantavirus

Hantavirus merupakan virus yang bisa ditemukan pada tikus berkaki putih, tikus kapas, dan tikus padi. Infeksi hantavirus bisa berpotensi mengancam jiwa pada manusia.

Beberapa gejala dari infeksi hantavirus adalah demam, lelah, nyeri otot, diare, sakit perut, mual, dan muntah. Hingga saat ini, belum ada terapi spesifik, obat, atau vaksin untuk infeksi hantavirus.

Infeksi LCMV

Lymphocytic choriomeningitis virus atau LCMV merupakan virus yang umum ditemukan pada tikus rumah. Infeksi LCMV biasanya terjadi dalam dua tahapan.

Tahap pertama ditandai dengan munculnya gejala seperti mual, muntah, nyeri otot, sakit kepala, dan penurunan nafsu makan. Di tahap kedua, infeksi LCMV akan memunculkan masalah neurologis seperti meningitis, ensefalitis, dan meningoensefalitis.

Penyakit Pes

Ada tiga jenis penyakit pes yang bisa mengenai manusia. Ketiga jenis penyakit pes tersebut adalah septicemic plague, bubonic plague, dan pneumonic plague.

Ketiga jenis penyakit pes ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang sama, yaitu Yersinia pestis. Tikus merupakan salah satu hewan yang bisa menularkan Yersinia pestis kepada manusia.

Septicemic plague merupakan jenis penyakit pes yang menyerang sistem aliran darah. Di sisi lain, bubonic plague merupakan jenis penyakit pes yang menyerang sistem imun, sedangkan pneumonic plague merupakan penyakit pes yang menyerang paru-paru.

Gejala penyakit pes sangat bergantung pada jenisnya dan penyakit ini berpotensi mengancam jiwa. Secara umum, pengobatan penyakit pes perlu menggunakan antibiotik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement