Kamis 15 Jun 2023 02:36 WIB

Butuh Berapa Banyak Langkah dalam Sehari untuk Bisa Turunkan Berat Badan?

Panjang langkah seseorang juga menentukan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jalan kaki (ilustrasi). Rentang jumlah langkah yang masuk kategori aktif bergerak adalah 7.000 hingga 10 ribu langkah.
Foto:

Aktif bergerak dengan berjalan 7.000-10 ribu langkah juga memberikan sejumlah manfaat lainnya. "Seseorang mungkin menyadari kualitas tidurnya lebih baik atau mereka merasa lebih baik secara mental setiap kali keluar untuk berjalan-jalan," ucap Darlow.

Untuk bisa mendapatkan lebih banyak langkah dalam sehari, ada beberapa cara. Misalnya, menggunakan transportasi umum ke tempat kerja atau sengaja turun satu perhentian lebih jauh dari biasanya, lalu melanjutkan sisa perjalanan dengan jalan kaki ke kantor.

Di sela jam kerja, luangkan waktu berjalan santai dan menghirup udara segar ke luar kantor, misalnya di jam makan siang. Jika harus menerima telepon di ponsel, berjalanlah di sekitar blok alih-alih duduk di depan komputer, atau pergi ke kedai kopi di sekitar untuk membeli minuman.

Naik turun tangga, memiliki treadmill di rumah, atau berjalan santai bersama anggota keluarga dan teman juga akan sangat menyenangkan. Jumlah langkah bisa dilacak menggunakan ponsel cerdas atau perangkat khusus yang sudah banyak beredar di pasaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement