Selasa 13 Jun 2023 16:38 WIB

Pemeran Koh Ahong 'Si Doel' Meninggal, Almarhum Mualaf, Pernah Berhaji Bareng Rano Karno

Pemain Koh Ahong bernama Salman Alfarizi ini sempat tak sadarkan diri selama 3 bulan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pemeran Koh Ahong, Salman Al Farisi, dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Lewat unggahannya, Rano Karno mengabarkan Salman meninggal dunia.
Foto: Republika/Singgih Wiryono
Pemeran Koh Ahong, Salman Al Farisi, dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Lewat unggahannya, Rano Karno mengabarkan Salman meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Salman Alfarizi, pemeran Koh Ahong di sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" dikabarkan meninggal dunia. Hal tersebut diumumkan oleh aktor Rano Karno, pemeran Si Doel, sekaligus sutradara dari acara televisi legendaris tersebut.

"Innalilahiwainailahi rojiun. Selamat jalan sahabatku Ahong. Walau kecil peranmu sangat besar artinya," tulis Rano lewat unggahan di akun Instagram @si.rano, Selasa (13/6/2023).

Baca Juga

Lewat statusnya di media sosial Instagram itu, Rano juga membagikan foto kebersamaan dengan Salman. Keduanya mengenakan baju putih dan peci, lengkap dengan kain sarung yang disampirkan di pundak.

Dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan", Ahong adalah pria keturunan Cina-Indonesia yang merupakan mitra bisnis Rohim, ayah Zainab (Maudy Koesnaedi). Ahong sempat dijodohkan dengan Zainab, namun perjodohan itu tidak berjalan lancar. Dalam cerita itu pula, Zainab terlibat cinta segitiga dengan Si Doel dan Sarah (Cornelia Agatha).

Pada unggahannya yang lain, Rano mengajak tim produksi yang sedang menjalani syuting untuk jeda dan bersama-sama mendoakan Salman. Rano mengungkap bahwa sosok Salman merupakan pria keturunan Tionghoa yang lahir di Aceh.

Dia lahir dengan nama Kasiman. Setelah berhijrah dan masuk Islam, dia mengganti namanya dengan Salman Alfarizi. Rano mengenang bahwa dahulu Salman pernah menunaikan ibadah haji bersamanya.

Disampaikan Rano, rumah yang digunakan untuk syuting sinetron "Si Doel" merupakan hasil jerih payah Salman. Ada banyak kendala saat membangunnya, tetapi Salman yang sangat profesional terus berusaha hingga rumah itu berdiri. Tidak hanya pada "Si Doel Anak Sekolahan", rumah itu terus digunakan syuting hingga sekarang, termasuk untuk film dan serial baru "Si Doel".

Sebelum meninggal dunia, Salman mengidap penyakit parah yang tidak disebutkan secara detail oleh Rano. Salman juga tidak sadarkan diri selama tiga bulan. Rano bersyukur sempat menjenguk Salman, meski sahabatnya itu tidak sadarkan diri.

Menurut pihak keluarga, jenazah Salman akan dimakamkan Selasa (13/6/2023) bakda Ashar di dekat Perumahan Sasana Santi, Maruyung, Jawa Barat. "Mudah-mudahan arwah almarhum diterima di sisi Allah. Semua kesalahannya diampuni, dan amal baiknya mudah-mudahan bisa dicontoh," kata Rano.

Ucapan belasungkawa pun mengalir dari masyarakat Indonesia serta para figur publik. Presenter Indra Bekti, komedian Parto Patrio, penyanyi Audy Item, dan pengarah pertunjukan Ari Tulang turut memberikan doa terbaik untuk mendiang Salman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement