Senin 12 Jun 2023 14:25 WIB

Tiktoker Sebut Hazelnut Sama dengan Kemiri, Warganet Duga Hasil Google Translate

Seorang Tiktoker bertanya, umur berapa kalian tahu hazelnut = kemiri?

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kemiri. Di pasar internasional, bumbu dapur ini dikenal juga dengan sebutan candleberry, candlenut, atau Indian walnut. Warganet ada yang mengira kemiri sama dengan hazelnut.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Kemiri. Di pasar internasional, bumbu dapur ini dikenal juga dengan sebutan candleberry, candlenut, atau Indian walnut. Warganet ada yang mengira kemiri sama dengan hazelnut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konten yang menyebutkan kacang hazelnut sama dengan kemiri mengundang reaksi dari warganet. Unggahan akun Twitter @txtdarikuliner menunjukan konten dari pengguna TikTok yang menyatakan hal demikian.

Pengguna TikTok @Rena.reksya tersebut mengunggah konten dengan judul "Umur berapa kalian tahu Hazelnut = Kemiri". Rena menyebut awalnya sangat menyukai cokelat berisi kacang bulat itu ketika di Jepang.

Baca Juga

Kemudian, Rena mencoba mencari tahu di internet tentang hazelnut. Pengguna TikTok tersebut juga menyarankan warganet yang ingin membuat minuman cokelat yang enak agar dicampur dengan kemiri yang dibeli dari pasar karena harganya lebih murah.

"Akhirnya aku searching hazelnut itu bahasa Indonesianya apa sih dan ternyata kemiri guys," kata dia dalam video yang diunggahnya, dikutip Senin (12/6/2023).

photo
Petani memperlihatkan kacang hazelnut yang sudah dikupas kulit hijaunya di Turki. Hazelnut berbeda dengan kemiri. - (. EPA-EFE/MEHMET KACMAZ)

Sebagian warganet sontak menyanggah pernyataan konten kreator tersebut. Tak sedikit pula yang menduga konten tersebut dikarenakan hasil dari Google Translate.

"Dari harga aja udah beda, kok bisa dia kepikiran hazelnut = kemiri," tulis salah satu pengguna Twitter.

"Wkwk ngambil kesimpulan dari google translate," timpal akun lainnya.

"Di umur berapa kalian bisa googling dengan baik dan benar?" kata warganet lain.

Lantas, bagaimana fakta sebenarnya dari hazelnut dan kemiri? Kendati sama-sama merupakan golongan nut (kacang pohon) dan berasal dari kerajaan plantea berdasarkan klasifikasi ilmiah, keduanya dihasilkan dari pohon berbeda. Kacang hazel dan kemiri punya rasa, warna yang juga berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement