Jumat 04 Jun 2021 05:15 WIB

Resep Selai Cokelat Hazelnut Ala Nutella

Ahli gizi asal India membuat resep selai cokelat hazelnut 'Nutella sehat'.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Nutella, selai cokelat kacang hazelnut. Selai dengan bahan dasar yang sama bisa dibuat sendiri di rumah.
Foto: EPA
Nutella, selai cokelat kacang hazelnut. Selai dengan bahan dasar yang sama bisa dibuat sendiri di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cokelat dan kacang hazelnut merupakan varian selai favorit banyak keluarga. Selain rasanya yang lezat, cokelat dan hazelnut juga dapat menenangkan pikiran dan juga mengurangi tingkat stres.

Baik cokelat maupun hazelnut biasanya dikonsumsi sebagai pemanis roti, buah-buahan, minuman kocok, smoothie, panekuk, dan juga es krim. Bagi sebagian orang, hidangan tersebut menjadi bagian dari sarapan penting. Bahkan, ada pula yang menjadikannya sebagai makanan penyelamat saat kelaparan pada tengah malam.

Baca Juga

Namun, tak dimungkiri, olesan cokelat dan hazelnut yang beredar di pasaran mengandung beberapa zat seperti pengayawet atau pemanis buatan. Ahli gizi Pooja Makhija belum lama ini membagikan alternatif sehat untuk olesan Nutella yang "tidak terlalu sehat".

Dalam sebuah unggahan di Instagram, Pooja memberi tahu bahwa Nutella terbuat dari bahan-bahan seperti minyak sawit, lesitin kedelai, pengemulsi, dan gula dalam jumlah berlebihan yang diketahui menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karenanya, dia pun membuat resep selai cokelat hazelnut yang disebutnya sebagai “Nutella sehat”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement