Kamis 08 Jun 2023 15:01 WIB

Sebelum Putri Ariani, Ini Kontestan AGT yang Dapat Golden Buzzer dari Simon Cowell

Simon Cowell terkenal kritis dan pelit pujian di ajang AGT.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Simon Cowell. Simon Cowell yang terkenal kritis dan pelit pujian telah memberikan Golden Buzzer ke beberapa peserta AGT.
Foto: EPA
Simon Cowell. Simon Cowell yang terkenal kritis dan pelit pujian telah memberikan Golden Buzzer ke beberapa peserta AGT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tombol spesial Golden Buzzer telah ditekan pada ajang pencarian bakat America's Got Talent (AGT) musim ke-18. "Tiket langsung" itu didapat oleh Putri Ariani, kontestan asal Indonesia, yang masih berusia 17 tahun dan merupakan difabel netra.

Istimewanya, sang penekan tombol emas adalah Simon Cowell, juri yang dikenal sangat kritis dan "pelit" memuji. Penggagas AGT itu termasuk juri AGT yang sulit disenangkan, jika dibandingkan ketiga rekannya, yakni Howie Mandel, Heidi Klum, dan Sofia Vergara.

Baca Juga

Akan tetapi, beberapa pengecualian telah menarik perhatian Cowell selama beberapa musim. Dikutip dari laman NBC, Kamis (8/6/2023), Cowell telah beberapa kali menekan Golden Buzzer, meski tak satu pun dari kontestan itu yang pernah jadi juara kompetisi.

Calysta Bevier, seorang penyintas kanker ovarium berusia 16 tahun menyanyikan lagu "Fight Song" dari Rachel Platten di audisi AGT musim 11. Aksinya memukau juri dan penonton, membuat Cowell untuk pertama kalinya memberikan Golden Buzzer.

Pada momen "AGT All-Stars" (kumpulan kontestan terpilih AGT), Cowell menyampaikan harapannya untuk Bevier dalam beberapa tahun mendatang. "Anda akan sehat dan Anda akan menjadi brilian, dan Anda akan menjadi penulis lagu yang hebat. Semua itu," kata Cowell.

Penyanyi tuli Mandy Harvey mengejutkan Cowell di audisi AGT musim ke-12 pada 2017 dengan lagu orisinal berjudul "Try". Harvey memiliki kelainan jaringan ikat yang disebut sindrom Ehlers-Danlos yang menyebabkan dia kehilangan pendengaran pada usia 18 tahun.

Cowell memberikan Golden Buzzer, lalu bergabung dengan Harvey di atas panggung. "Itu adalah salah satu hal paling menakjubkan yang pernah saya lihat dan dengar," ujarnya.

Kontestan lain yang mendapat Golden Buzzer dari Cowell adalah Michael Ketterer, tepatnya di audisi AGT musim ke-13. Ketterer adalah perawat kesehatan mental pediatrik yang punya enam anak (satu putri kandung dan lima putra angkat). Dia mengikuti audisi agar anak-anaknya tahu bahwa mereka dapat mewujudkan impian mereka.

Cowell juga menganugerahkan Golden Buzzer di "AGT: The Champions" untuk Kechi, yang sebelumnya mengikuti AGT di musim 12. Pada "AGT: The Champions", Kechi menyanyikan lagu "You Are The Reason" yang dipopulerkan oleh Calum Scott.

Seorang pemain biola berusia 11 tahun bernama Tyler Butler-Figueroa mendapat Golden Buzzer dari Cowell di AGT musim 14. Pada audisinya, bocah lelaki yang belakangan diketahui mengidap leukimia itu memainkan lagu Kelly Clarkson, "Stronger".

Pada AGT musim ke-15, Cowell memberikan Golden Buzzer kepada kelompok tari jalanan W.A.F.F.L.E Dance Crew. Cowell biasanya skeptis terhadap aksi tari, tetapi dia menganggap kru itu sangat menarik, terutama energi mereka di panggung.

Penerima Golden Buzzer dari Cowell di AGT musim ke-16 adalah penyanyi Jane "Nightbirde" Marczewski yang sedang berjuang melawan kanker. Lagu ciptaan sendiri berjudul "It's OK" yang dinyanyikan Marczewski selama penampilan itu membuat Cowell menangis.

Kontestan AGT musim 17 yang diganjar Golden Buzzer oleh Cowell adalah penyanyi Sara James, yang saat itu berusia 13 tahun. James membawakan lagu "Lovely" oleh Billie Eilish. Dia melakukan perjalanan jauh dari Polandia untuk naik ke panggung AGT.

Ajang "America's Got Talent: All-Stars" musim dingin 2023 juga cukup bersejarah, karena untuk pertama kalinya Cowell memberikan Golden Buzzer untuk seorang komika bernama Mike E Winfield. Winfield sebelumnya tereliminasi di peringkat 10 besar AGT Musim 17. Pada penampilan di AGT All-Stars, Cowell menyebut Winfield jauh lebih percaya diri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement