Kamis 08 Jun 2023 02:12 WIB

Dokter Ingatkan 5 Kebiasaan Ini Bahayakan Mata Seiring Waktu

Kesalahpahaman terbesar ialah orang yang tak berkacamata tak perlu periksa mata.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Mengucek mata. Kebiasaan mengucek mata ada risikonya.
Foto:

4. Terlalu sering salah pakai obat tetes mata

Beberapa obat tetes mata populer yang diiklankan untuk menghilangkan kemerahan sebenarnya dapat memperburuk gejala. Padahal, sebagian orang justru kerap menggunakannya secara berlebihan.

Menurut dr Banik, tetes mata dengan vasokonstriktor (seperti naphazoline dan tetrahydrozoline) dapat meredakan kemerahan atau ketidaknyamanan untuk sementara. Hanya saja, obat itu tidak mengobati gejala.

Obat tersebut bisa menyempitkan pembuluh darah, dan cepat mengurangi kemerahan secara visual, tetapi juga membatasi aliran darah ke mata. Jadi tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari. Vasokonstriktor hanya boleh digunakan sesekali ketika benar-benar dibutuhkan sebagai pertolongan cepat.

5. Tidur atau berenang dengan lensa kontak

"Risiko infeksi akibat tidur dengan lensa kontak Anda meningkat secara eksponensial, terlepas lensa itu dapat dipakai semalaman atau tidak," kata dr Jeng.

Hal itu dapat menyebabkan ulkus kornea yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen serta hilangnya penglihatan. Hal yang sama berlaku untuk berenang, apa pun jenis airnya. Jadi, sebisa mungkin hindari tidur dan berenang dengan masih menggunakan lensa kontak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement