Senin 29 May 2023 00:16 WIB

Dipakai Inara Saat Live TikTok, Apakah Tetes Pemutih Mata Aman Digunakan?

Inara Rusli tampak menggunakan tetes mata warna biru saat live TikTok.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Figur publik Inara Rusli memakai obat tetes mata saat live TikTok.
Foto: Dok InaraRusli/Tiktok
Figur publik Inara Rusli memakai obat tetes mata saat live TikTok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini figur publik Inara Rusli tampak menggunakan obat tetes mata berwarna biru. Hal itu dilakukan Inara saat sedang live di akun TikTok pribadinya.

Seorang warganet kemudian meng-capture live tersebut dan membagikannya di Twitter. Akun @Tanyarl mem-posting foto Inara menggunakan obat tetes mata biru dengan caption, "Ini kak Inara tetesin apa ke matanya ya? Warna biru gitu.. dan fungsinya apa ya? Makasii."

Baca Juga

Warganet banyak yang memberi komentar. Lewat akun @kumalaak, warganet bernama Mala menjelaskan bahwa itu adalah obat pemutih mata.

"Tetes mata, biar warna matanya ga butek, jd putih seger gt. Tp ini sebenernya gaboleh dipake sering2. Dan pakenya bener2 sedikit bgt. Biasanya dipake mua2 gt. Harganya jg lumayan pricey 400rban satu botol kecil," tulisnya di kolom komentar untuk menjelaskan tetes mata yang jamak dipakaikan makeup artist kepada kliennya.

Sebenarnya, amankah obat pemutih mata ini? "Penting untuk diperhatikan bahwa tetes pemutih mata hanya boleh digunakan sesuai petunjuk dan untuk durasi sesingkat mungkin," jelas dr Inna Lazar selaku pendiri Greenwich Eye Care dan Dry Eye Spa dan akun @eyeballdoc di TikTok, seperti dilansir dari laman Camille Styles, Ahad (28/5/2023).

Menurut dr Inna, jika Anda memiliki mata merah atau tidak nyaman yang terus-menerus, penting untuk berbicara dengan ahli perawatan mata untuk menentukan penyebab yang mendasari dan perawatan yang tepat. Namun, jika digunakan dengan benar, tetes pemutih mata bisa menjadi solusi sederhana yang selama ini Anda cari.

Meskipun obat tetes mata pemutih dapat mencerahkan mata secara efektif, ada beberapa potensi risiko penggunaannya. Iritasi, kemerahan yang muncul kembali, bahkan tekanan mata yang meningkat, contohnya.

Merusak pembuluh darah

Tetes pemutih mata mengandung vasokonstriktor (biasanya tetrahydrozoline), yang bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah di permukaan mata, mengurangi jumlah aliran darah ke area tersebut, dan membuat bagian putih mata tampak lebih cerah.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement