Kamis 08 Jun 2023 01:30 WIB

Kiat Cegah Infeksi Jamur, Ini Caranya

Jaga kebersihan diri termasuk mencuci tangan secara teratur mencegah infeksi jamur.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mencuci tangan dapat membantu untuk mencegah infeksi jamur (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Mencuci tangan dapat membantu untuk mencegah infeksi jamur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Agar terhindar dari infeksi jamur, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Medical Officer PT Kalbe Nutritionals Tbk, dr Kristia Avi A, mengatakan ada cara mencegah infeksi jamur pada kulit, yakni dengan menjaga kebersihan diri, termasuk mencuci tangan secara teratur dan mengeringkan kulit secara menyeluruh setelah mandi atau berkeringat. Kemudian, jangan berbagi barang pribadi seperti handuk atau pakaian dengan orang lain.

Selain itu, menurut dokter Avi, sapaannya, apabila memiliki hewan peliharaan, pastikan untuk menjaga bulu hewan tetap bersih dan kering. Juga hindari membiarkan hewan kesayangan bersentuhan dengan hewan atau lingkungan yang terinfeksi. Sebab, infeksi jamur pada kulit tidak menular dari orang ke orang. Namun, infeksi jamur kulit dapat menyebar secara tidak langsung melalui kontak dengan benda atau permukaan yang terkontaminasi, seperti handuk, pakaian, tempat tidur, atau bahkan hewan peliharaan.

Baca Juga

Penting untuk mencari bantuan medis jika Anda mencurigai diri Anda menderita infeksi jamur pada kulit. Sebab, jika tidak diobati, infeksi tersebut dapat menyebar dan menjadi lebih parah, sehingga berpotensi menyebabkan komplikasi seperti kerusakan kulit atau infeksi bakteri sekunder. Maka, penting juga melakukan deteksi dini dan pengobatan infeksi jamur kulit untuk mencegah komplikasi dan mengurangi risiko penyebaran lebih lanjut.

Perawatan untuk infeksi jamur kulit biasanya melibatkan penggunaan obat antijamur. Obat spesifik yang diresepkan akan tergantung pada jenis jamur yang menyebabkan infeksi. Secara umum, krim, salep, atau pil antijamur digunakan untuk membunuh jamur dan meredakan gejala. Pada beberapa kasus, kombinasi obat mungkin diperlukan untuk mengobati infeksi secara efektif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement