Jumat 01 Mar 2024 16:30 WIB

Rambut di Tubuh Bisa Tumbuh ke Dalam, Ini Cara Mencegahnya Agar tak Bikin Iritasi

Rambut tubuh yang tumbuh ke dalam bisa menyebabkan peradangan dan iritasi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Bulu kaki (ilustrasi). Rambutu tubuh bisa tumbuh ke arah dalam dan dapat menimbulkan peradangan serta iritasi.
Foto: www.freepik.com.
Bulu kaki (ilustrasi). Rambutu tubuh bisa tumbuh ke arah dalam dan dapat menimbulkan peradangan serta iritasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut tumbuh ke dalam atau ingrown hair bisa menyebabkan iritasi kulit dan memunculkan keluhan nyeri atau gatal. Kondisi ini sebenarnya bisa dihindari dengan mengubah cara mencukur rambut di tubuh.

Ahli dermatologi Muneeb Shah MD mengatakan rambut bisa tumbuh keluar dari folikel dan masuk kembali ke kulit. Terkadang, rambut juga bisa "terperangkap" di dalam kulit sebelum bisa tumbuh keluar.

Baca Juga

"Ini bisa menyebabkan peradangan dan iritasi, sehingga Anda bisa melihat benjolan merah dan terasa nyeri," ujar Shah seperti dilansir Best Life pada Jumat (1/3/2024).

Dalam kondisi seperti ini, tubuh terkadang bisa mendorong ingrown hair keluar. Namun umumnya, dibutuhkan bantuan dari ahli dermatologi atau ahli estetika untuk menemukan akar dan mencabut ingrown hair.

 

"Anda sebenarnya bisa melakukan (pencabutan) di rumah bila Anda membersihkan area kulitnya dan menggunakan tweezer, tapi tentu Anda harus berhati-hati karena Anda bisa mengalami infeksi yang lebih buruk," ujar Shah.

Kemunculan ingrown hair biasanya ditandai dengan beberapa gejala. Sebagian di antaranya adalah iritasi kulit, benjolan kecil dengan rambut di bagian tengahnya, rasa nyeri, perubahan warna seperti merah, coklat, atau ungu, serta gatal, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Meski banyak orang menganggap ingrown hair tak bisa dihindari, sebuah cara sederhana sebenarnya bisa membantu mencegah terjadinya kondisi tersebut. Cara tersebut adalah tidak mencukur rambut di tubuh terlalu pendek.

"Bila Anda ingin mencegah tumbuhnya ingrown hair ini, hindari mencukur rambut terlalu pendek," kata Shah.

Shah merekomendasikan penggunaan alat cukur elektrik untuk mencukur rambut di tubuh. Alasannya, alat seperti ini lebih jarang memunculkan iritasi dibandingkan alat cukur biasa.

Hal lain yang bisa membantu mencegah ingrown hair adalah penggunaan eksfoliator asam glikolat pada kulit. Selain itu, Shah juga menganjurkan orang-orang untuk menjaga kelembapan kulit. Cara-cara ini tak hanya dapat mempermudah proses mencukur rambut, tetapi juga mengangkat kulit mati dan rambut yang menyumbat folikel rambut.

"Serta membantu mendorong pertumbuhan rambut ke arah yang benar," ujar ahli dermatologi Nada Elbuluk MD.

Mayo Clinic mengatakan, area kulit yang akan dicukur sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan sikat gigi berbulu halus. Lalu setelah itu, kompres area yang akan dicukur dengan handuk basah.

Selain itu, jangan menarik kulit ketika pisau cukur sedang mengarah pada kulit. Jangan lupa untuk membilas pisau setiap kali selesai melakukan satu tarikan saat mencukur. Lakukan proses mencukur sesuai arah tumbuhnya rambut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement