Selasa 06 Jun 2023 19:39 WIB

Warganet Percaya Mandi Saat Masih Berkeringat Berbahaya, Ini Kata Dokter

Mandi saat tubuh masih berkeringat setelah olahraga disebut bahayakan kesehatan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Shower (ilustrasi). Mandi setelah berolahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
Foto: www.freepik.com
Shower (ilustrasi). Mandi setelah berolahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aman atau tidaknya mandi setelah berolahraga tengah menjadi perbincangan hangat di antara warganet di Twitter. Tak sedikit yang percaya bahwa mandi setelah olahraga dalam kondisi tubuh masih berkeringat bisa menyebabkan masalah kesehatan.

"Bener (enggak boleh langsung mandi setelah olahraga), kondisi tubuh masih panas, jangan langsung didinginkan," kata seorang warganet saat menjawab pertanyaan akun Twitter @tanyarlfes terkait benar atau tidaknya larangan mandi setelah olahraga.

Baca Juga

Pernyataan itu langsung ditepis oleh dr Tirta Mandira Hudhi lewat cicitan di akun Twitter-nya @tirta_cipeng. Ia mengatakan, mandi setelah olahraga boleh-boleh saja, tidak ada yang melarang. Menurut dia, larangan mandi setelah olahraga itu hanya mitos belaka.

"Bahkan, beberapa atlet malah pake ice bath untuk menurunkan suhu inti tubuh. Jangan percaya mitos enggak bener beginian. Udah salah ngeyel," kata dr Tirta, seperti dikutip, Selasa (9/6/2023).

Laman kesehatan Healthline juga menyatakan, mandi setelah berolahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Antara lain mengeluarkan asam laktat, membantu otot kembali pulih, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk bangkit kembali dan siap untuk olahraga berikutnya.

Namun, mandi setelah berolahraga bukan satu-satunya solusi cepat untuk menenangkan otot setelah berolahraga. Anda juga disarankan untuk selalu melakukan gerakan pendinginan setelah olahraga.

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2019 yang dilakukan terhadap sembilan orang menunjukkan bahwa mandi air dingin membantu menurunkan detak jantung dan mengurangi stres jantung dengan cepat setelah berolahraga di lingkungan bersuhu tinggi.

Mandi setelah berolahraga juga bisa membantu membersihkan kulit dari bakteri dan mencegah pori-pori tersumbat. Ketika pori-pori tersumbat dapat menyebabkan timbulnya jerawat yang disebut sweat pimples atau jerawat keringat serta komedo.

Lantas mana yang lebih baik, mandi air panas atau air dingin? Dikutip dari Healthline, Selasa (6/6/2023), mandi air panas mungkin terasa nyaman untuk otot setelah berolahraga, tetapi mandi air dingin sebenarnya merupakan metode yang didukung secara ilmiah untuk membilas keringat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement