Selasa 06 Jun 2023 19:25 WIB

Mau Gigi Tetap Putih Meski Usia Sudah 40? Ikuti Cara Ini

Minum kopi bukan satu-satunya penyebab warna gigi berubah jadi kuning.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Gigi mengalami perubahan seiring bertambahnya usia (ilustrasi). Ada beberapa hal yang perlu dihindari agar gigi tetap putih pada usia 40-an.
Foto: www.freepik.com
Gigi mengalami perubahan seiring bertambahnya usia (ilustrasi). Ada beberapa hal yang perlu dihindari agar gigi tetap putih pada usia 40-an.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebagian besar orang mengetahui, tanda-tanda penuaan di antaranya muncul uban dan kerutan. Namun, tidak ada yang benar-benar paham bahwa seiring bertambahnya usia, terjadi juga perubahan pada gigi.

Gigi tak lagi berwarna putih jika sudah bertahun-tahun lamanya, dan kopi bukan satu-satunya penyebabnya. Menurut Cleveland Clinic, enamel cenderung luntur seiring waktu, hingga akhirnya memperlihatkan warna kuning alami, warna dentin di dalam gigi.

Baca Juga

Namun, sedikit warna kuning pada gigi bukanlah akhir dunia. Ada banyak cara untuk memastikan senyum tetap selalu terlihat segar termasuk dengan 10 cara ini, untuk menjaga gigi tetap putih setelah usia 40 tahun: 

1. Sikat gigi selama dua menit, setidaknya dua kali sehari

 

Untuk benar-benar mencegah noda dan warna berubah kuning, American Dental Association merekomendasikan menyikat gigi setidaknya selama dua menit, di semua area yakni permukaan luar, permukaan dalam, dan permukaan mengunyah. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam gigi depan dengan gerakan naik-turun.

2. Cobalah charcoal

Meskipun charcoal belum terbukti secara ilmiah untuk membantu memutihkan gigi, dunia kesehatan telah ramai membicarakan tentang manfaatnya selama ini. Charcoal adalah bubuk hitam berbutir halus yang terbuat dari berbagai bahan alami, seperti tempurung kelapa, biji zaitun, kayu yang dibakar perlahan, dan gambut.

3. Hati-hati dengan teh

Teh sangat bagus untuk tubuh, tetapi tidak baik untuk menjaga gigi tetap putih. Harvard Medical School mengatakan antioksidan dalam setiap cangkir teh dapat membantu mengurangi risiko segala penyakit mulai dari diabetes hingga penyakit kardiovaskular, teh juga diketahui dapat menodai gigi. Gosoklah gigi sebelum minum, lalu kumur-kumur air setelahnya, untuk berjaga-jaga.

4. Berkumur dengan minyak

Praktik Ayurveda ini cukup menarik, menyebut minyak memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama kebersihan mulut. Semua orang hanya perlu berkumur satu sendok teh minyak di mulut selama 20 menit atau lebih, lalu meludahkannya. Cobalah metode ini untuk membantu mencegah bau mulut, bibir pecah-pecah, dan kerusakan gigi, tetapi juga untuk menjaga gigi tetap putih.

5. Makan buah dan sayuran

Kanawha City Pediatric Dentistry mengatakan buah dan sayur juga membantu menjaga gigi tetap putih dengan menyikat dan membersihkannya secara alami saat mengunyah. Cobalah wortel, apel, brokoli, seledri, dan sayuran renyah lainnya yang disukai untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Periksa kadar air untuk berkumur

Satu hal yang tidak pernah terpikirkan oleh siapa pun untuk menjaga gigi tetap putih adalah kualitas air untuk berkumur, yang dapat membuat perbedaan besar. Menurut Cleveland Clinic, fluoride yang berlebihan dalam air keran bisa menjadi penyebab perubahan warna atau menguningnya gigi. Jika penasaran, periksalah level di area rumah dengan menggunakan peta interaktif Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS).

7. Berhati-hatilah dengan air lemon

Makanan seperti lemon dan jeruk jelas merupakan sumber vitamin yang bagus, jadi jangan menghindarinya. Tapi mengonsumsinya harus dengan lebih cerdas, untuk memastikan keasamannya tidak menyebabkan erosi email gigi yang dapat membuat gigi terlihat lebih kuning.

8. Jangan merokok

Ada banyak alasan mengapa merokok itu tidak baik, salah satunya adalah menyebabkan gigi bernoda. Menurut Oral Health Foundation, nikotin dan tar dalam tembakau dapat membuat gigi menguning dalam waktu yang sangat singkat, jadi merokok sesekali pun tidak sepadan dengan efek pada senyuman seseorang.

9. Jangan menyesap kopimu

Jika seseorang yang suka menyesap kopi sepanjang hari, inilah saatnya untuk menenggaknya sekaligus. Menurut Clearwater Dental Associates, meminum minuman favorit ini secara konsisten sepanjang hari akan menodai gigi. Sebaliknya, minum semuanya sekaligus dapat mengurangi efeknya, dan makanlah sesuatu bersama kopi untuk menghasilkan lebih banyak air liur, yang melindungi gigi.

10. Gunakan sedotan

Lain kali, jika ingin menyesap sesuatu yang diketahui dapat menyebabkan noda gigi, gunakanlah sedotan untuk membantu membatasi kontak minuman dengan gigi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement