Selasa 30 May 2023 00:40 WIB

Pasien PPOK Bisa Alami Eksaserbasi, Bagaimana Pertolongan Pertamanya?

Eksaserbasi merupakan perburukan gejala pernapasan yang akut.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit dada (Ilustrasi). Pada pasien PPOK, eksaserbasi dapat mengakibatkan berkurangnya aktivitas fisik dan kualitas hidup yang lebih buruk.
Foto: Pixabay
Sakit dada (Ilustrasi). Pada pasien PPOK, eksaserbasi dapat mengakibatkan berkurangnya aktivitas fisik dan kualitas hidup yang lebih buruk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) saat ini menjadi salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia. Salah satu efek dari PPOK adalah pasien bisa mengalami eksaserbasi.

Apa itu eksaserbasi dan bagaimana pertolongan pertanyaannya? Ahli kesehatan paru dunia dari Universitas London St George, Inggris, Prof Paul Jones MD PhD, menjelaskan pasien PPOK bisa mengalami eksaserbasi, yaitu perburukan gejala pernapasan yang akut.

Baca Juga

Eksaserbasi ini sering disalahartikan sebafau infeksi paru-paru. Disamping itu, ada istilah lain untuk menggambarkan eksaserbasi, yaitu just cold (cuma demam).

"Saya kurang menyukai istilah 'just cold' karena cold tampaknya mudah untuk diatasi, semacam demam. Namun, eksaserbasi itu jauh lebih mematikan dan buruk dibandingkan cold," ungkap Prof Jones dalam acara media briefing "Kenali PPOK, Lindungi Parumu", di Jakarta, Senin (29/5/2023)

Prof Jones mengatakan eksaserbasi yang sedang mengharuskan pasien dibawa untuk rawat inap di rumah sakit. Gejala pasien mengalami eksaserbasi adalah merasa sesak hingga satu sampai dua pekan, bahkan sampai harus dirawat. Gejala lainnya ialah pasien tidak bisa keluar dari rumah, bahkan melakukan aktivitasnya.

"Berbeda dengan cold, setelah eksaserbasi, pasien membutuhkan waktu bahkan bisa mencapai waktu tiga bulan untuk bisa pulih kembali," ujarnya.

Selain itu, eksaserbasi juga meningkatkan risiko serangan jantung juga strok. Pasien PPOK pada umumnya cenderung mengalami eksaserbasi satu sampai dua kali per tahunnya.

Senada, Guru Besar Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof dr Wiwien Heru Wiyono PhD SpP(K) menjelaskan eksaserbasi dapat mempercepat penurunan fungsi paru. Inilah yang menjadi ciri utama perburukan PPOK.

Eksaserbasi dapat mengakibatkan berkurangnya aktivitas fisik dan kualitas hidup yang lebih buruk. Kondisi itu juga mendatangkan peningkatan risiko kematian pada kasus yang lebih berat.

"Setiap kali eksaserbasi PPOK terjadi, mungkin meninggalkan kerusakan paru permanen dan tidak dapat dipulihkan, sehingga lebih sulit bagi pasien untuk bernapas dan meningkatkan perkembangan gejala yang lebih buruk kedepannya," ujarnya.

Ditambah lagi, lanjut Prof Wiwien, pasien PPOK umumnya enggan mengunjungi fasilitas kesehatan. Alahsil, keadaan ini sukar ditangani akibat kondisi pasien yang telanjur memburuk.

Pertolongan pertama eksaserbasi

Prof Wiwin mengatakan untuk pertolongan pertama eksaserbasi adalah tentukan dahulu derajatnya, apakah ringan atau berat. Penanganan akan tergantung derajat eksaserbasi.

"Kalau dia sesak, yang penting nomor satu adalah oksigen. Itu yang paling dibutuhkan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement