Jumat 26 May 2023 19:39 WIB

Berawal dari Pikulan, Bisnis Kuliner Soto Betawi H Ma'ruf Bisa Bertahan Hingga 80 Tahun

Soto Betawi H Maruf masuk ke dalam Koleksi Juara Lokal GoFood.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Rumah makan Soto Betawi Hj Maruf cabang Tebet, Jakarta Selatan.
Foto:

Cabang Soto Betawi H Ma'ruf

Mutfi menyebut, selain konsisten dan melakukan inovasi tambahan menu, pihaknya juga mengikuti perkembangan zaman. Awalnya, almarhum H.Ma'ruf, yang merupakan kakek dari Mufti, membangun usaha ini hanya berjualan keliling kampung dengan pikulan.

Setelah beberapa waktu, sang kakek pun jualan di atas trotoar Pasar Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Namun, lokasi itu tidak bersahabat untuk pedagang.

"Jualan kaki lima di atas trotoar, pindah di Pasar Cikini, diusir, pindah lagi di depan kelurahan, diusir lagi," ungkap Mufti.

H Ma'ruf kemudian ditawari berjualan di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini. Namun, saat itu TIM masih berupa kebun binatang, belum menjadi pusat kebudayaan.

Kala itu, berjualan didalam TIM masih sangat sepi pembelinya. H Ma'ruf dan keluarga bahkan berpikir tidak akan bertahan lama berjualan di sana.

"Lama-kelamaan masyarakat mulai tahu kami ada di dalam TIM, yang niatnya tadi mau pindah di pinggir jalan lagi, malah bertempat di situ," ungkap Mufti.

Kemudian TIM mengalami revitalisasi. Selama revitalisasi, Soto Betawi H Ma'ruf membuka tempat sementara di Gondangdia. Namun, kini justru di kedua tempat tersebut mereka berjualan. Akhirnya kini Soto Betawi H.Ma'ruf memiliki empat cabang, yaitu TIM, Tebet, dan Gondangdia di Jakarta Pusat, serta pusatnya di Pramuka, Jakarta Timur.

"Kami tidak pakai waralaba. Selain mencari untung, kami juga lestarikan budaya Betawi. Jadi benar-benar dikelola keluarga," ungkapnya.

Bergabung dengan GoFood

Selain itu, Soto Betawi H Ma'ruf juga bergabung menjadi Mitra Usaha GoFood. Dengan begitu, usaha kuliner keluarga almarhum H Ma’ruf terus berkembang.

Bahkan, omzet Soto Betawi H Ma'ruf meningkat sebesar 30 persen. Kini, mereka pun masuk ke dalam Koleksi Juara Lokal GoFood.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement