Rabu 10 May 2023 21:16 WIB

Resep Soto Betawi Autentik, Simpel untuk Dicoba di Rumah

Soto betawi termasuk simpel untuk disiapkan di rumah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Soto Betawi di Aryaduta Suites Semanggi, Jakarta. Sous chef  Sugeng Hariyadi dari Aryaduta Suites Semanggi berbagi resep soto Betawi saat peluncuran program Sap7a Rasa di, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2023).
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Soto Betawi di Aryaduta Suites Semanggi, Jakarta. Sous chef Sugeng Hariyadi dari Aryaduta Suites Semanggi berbagi resep soto Betawi saat peluncuran program Sap7a Rasa di, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aryaduta Suites Semanggi mengangkat makanan utama soto Betawi dalam program perayaan keragaman masakan Indonesia, Sap7a Rasa. Soto Betawi autentik pertama kali dipopulerkan oleh Lie Boen So.

Soto Betawi dinilai memiliki Sap7a Rasa yang mencerminkan tujuh rasa, yaitu asin, manis, asam, pedas, pahit, lemak, dan umami. Sous chef Aryaduta Suites Semanggi, Sugeng Hariyadi, pun berbagi resep autentik soto Betawi yang mudah dan simpel.

Baca Juga

"Ini resep autentik, bisa dicoba sendiri di rumah," kata chef Sugeng dalam demo masak Sap7a Rasa di Aryaduta Suites Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2023).

Soto Betawi memiliki sajian daging yang melimpah dalam mangkuk, bahkan ada jeroan bagi yang suka. Resep ini bisa jadi dalah satu alternatif mengolah daging sapi saat Idul Adha.

Untuk membuatnya, pertama, tumis bumbu kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar sampai layu, jangan sampai gosong. Setelah itu, haluskan bumbu dengan blender, atau lebih nikmat jika diulek secara tradisional. Sisihkan.

Kedua, lakukan teknik blanching pada daging untuk menghilangkan darah dan kotoran. Teknik blanching merupakan langkah merebus daging dalam air mendidih selama beberapa detik lalu mengeluarkan busa yang terbentuk di permukaan airnya.

"Dalam soto Betawi ini, teknik ini juga agar kuahnya tidak (berwarna) butek (keruh). Rebus air, setelah mendidih, masukkan daging sebentar," ujar chef Sugeng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement