Jumat 19 May 2023 00:50 WIB

Turunkan Gula Darah dengan Pumpkin Seeds, Takarannya Berapa?

Biji labu dapat menurunkan kadar gula darah hingga 35 persen.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Penjual menakar pumpkin seeds. Biji labu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, salah satunya membantu mengelola glukosa darah..
Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Penjual menakar pumpkin seeds. Biji labu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, salah satunya membantu mengelola glukosa darah..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak makanan yang dapat membantu menjaga glukosa darah, termasuk biji labu. Pumpkin seeds terkenal dapat menawarkan khasiat lebih dari sekadar rasa pedas.

Biji labu memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari magnesium hingga serat. Menurut pakar kesehatan dari Dr Fox Online Pharmacy, dr Deborah Lee, biji labu dapat menurunkan kadar gula darah hingga 35 persen.

Baca Juga

Dua puluh delapan gram biji labu dapat memberikan 40 persen asupan magnesium harian yang direkomendasikan. Nantinya, ini dapat memengaruhi penurunan glukosa.

"Meningkatkan asupan magnesium dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Artinya, meningkatkan respons terhadap efek penurun glukosa dari insulin. Ini juga membantu menurunkan resistensi insulin yang berarti mengurangi ketidakmampuan sel untuk merespons insulin,” kata Lee, dilansir Express, Kamis (18/5/2023).

 

Bahan lain yang berperan penting dalam metabolisme glukosa darah dalah zinc (seng). Seng sangat penting untuk sintesis insulin. Seng juga dikenal mengikat dirinya sendiri ke reseptor insulin dan mengaktifkan jalur insulin.

Selain itu, biji labu juga merupakan sumber minyak tak jenuh yang baik dengan sifat penurun glukosa. Mereka dikemas dengan serat makanan yang dikenal dapat menjaga gula darah tetap terkendali.

"Kehadiran serat dalam usus memperlambat laju pengosongan perut, menunda penyerapan glukosa dalam jangka waktu yang lebih lama," ucap Lee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement