Senin 10 Jul 2023 23:36 WIB

6 Tanda Diabetes, Terasa di Tangan dan Kaki

Menemukan kasus diabetes sedini mungkin merupakan sebuah langkah yang sangat penting.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Dokter merawat kaki pasien diabetes (Ilustrasi). Neuropati diabetik bisa membahayakan pengidap diabetes karena mereka bisa tidak sadar bila kaki atau tangan mereka mengalami luka.
Foto: www.freepik.com
Dokter merawat kaki pasien diabetes (Ilustrasi). Neuropati diabetik bisa membahayakan pengidap diabetes karena mereka bisa tidak sadar bila kaki atau tangan mereka mengalami luka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemunculan diabetes sering kali tak disadari oleh pengidapnya. Namun, dengan mewaspadai beberapa sensasi yang muncul pada tubuh, diabetes bisa terdiagnosis dengan lebih cepat.

Menemukan kasus diabetes sedini mungkin merupakan sebuah langkah yang sangat penting. Alasannya, semakin lama diabetes tak terdiagnosis, semakin besar pula peluang penyandang diabetes untuk mengalami komplikasi di kemudian hari.

Baca Juga

Beragam komplikasi terkait diabetes bisa memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kesehatan dan kehidupan penyandang diabetes. Beberapa dari komplikasi tersebut adalah kerusakan saraf, masalah ginjal, serangan jantung dan strok, amputasi, hingga masalah penglihatan.

Ironisnya, pada 2021, ada sekitar 44,7 persen pengidap diabetes yang tidak mengetahui status mereka. Artinya, ada sekitar 239,7 juta orang di dunia yang hidup dengan diabetes, tapi tidak menyadarinya.

Menurut dr Deborah Lee dari Dr Fox Online Pharmacy, salah satu cara menemukan diabetes dengan lebih dini adalah dengan mewaspadai gejalanya. Pada sebagian kasus, diabetes bisa dikenali lewat gejala-gejala neuropati diabetik yang muncul.

"Neuropati diabetik adalah jenis kerusakan saraf yang terjadi pada pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2," jelas Dr Lee, seperti dilansir Express pada Senin (10/7/2023).

Menurut dr Lee, kondisi neuropati diabetik akan dialami oleh sekitar 50 persen pengidap diabetes. Ketika neuropati diabetik terjadi, ada enam sensasi yang biasanya akan dirasakan oleh pengidap diabetes.

Keenam sensasi tersebut bisa muncul pada beberapa area tubuh, seperti tangan dan kaki. Berikut ini adalah keenam sensasi yang patut diwaspadai tersebut:

1. Kesemutan dan kebas

2. Tidak dapat merasakan sakit

3. Kehilangan sensasi atau rasa hangat

4. Kehilangan rasa keberadaan atau posisi (penderita tak bisa merasakan posisi sendi-sendi mereka)

5. Rasa nyeri di kaki, tangan, atau tungkai

6. Kelemahan di tungkai atau sendi

Neuropati diabetik bisa membahayakan pengidap diabetes karena mereka bisa tidak sadar bila kaki atau tangan mereka mengalami luka. Luka tersebut bisa terabaikan dalam waktu yang lama hingga berkembang menjadi lebih berat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement