Kamis 18 May 2023 10:39 WIB

Di Tengah Kritik, Film Terbaru Johnny Depp Dapat Standing Ovation 7 Menit di Cannes

Filmnya dapat tepuk tangan meriah selama tujuh menit, Johnny Depp terharu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Johnny Depp menghadiri konferensi pers filmJeanne du Barry di Festival Film Cannes, di Cannes, Prancis, 17 Mei 2023. Festival berlangsung dari 16 hingga 27 Mei.
Foto: EPA-EFE/GUILLAUME HORCAJUELO / POOL
Aktor Johnny Depp menghadiri konferensi pers filmJeanne du Barry di Festival Film Cannes, di Cannes, Prancis, 17 Mei 2023. Festival berlangsung dari 16 hingga 27 Mei.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film terbaru aktor Johnny Depp, Jeanne du Barry, telah dimasukkan dalam daftar penayangan malam pembukaan Festival Film Cannes 2023. Hal tersebut banyak dikritik, menyusul persoalan hukum antara Depp dengan mantan istrinya, aktris Amber Heard.

Ketua Festival Film Cannes, Thierry Fremaux, memberikan penjelasan terkait keputusan penyelenggara. Dia menekankan pentingnya kebebasan berkarya dalam festival film bergengsi yang dihelat mulai Selasa (16/5/2023) di Cannes, Prancis.

Baca Juga

"Saya tidak tahu tentang citra Johnny Depp di Amerika Serikat. Sejujurnya, dalam hidup saya, saya hanya memiliki satu aturan, itu adalah kebebasan berpikir, dan kebebasan berbicara dan bertindak dalam kerangka hukum," kata Fremaux pada konferensi pers, dikutip dari laman Fox News, Selasa (16/5/2023).

Menurut Fremaux, tidak pada tempatnya aktor seperti Johnny Depp dilarang berakting dalam sebuah film atau filmnya dilarang untuk ditayangkan di acara tertentu hanya karena masalah pribadi. Fremaux juga menilai film arahan sutradara perempuan asal Prancis bernama Maiwenn itu amat layak bersaing.

 

Jeanne du Barry merupakan film drama biografi Prancis yang mengisahkan kehidupan Jeanne Bécu, gundik resmi terakhir raja Prancis. Tokoh utama dalam film itu diperankan oleh Maiwenn, sang sutradara. Dalam sinema tersebut, Depp berperan sebagai Louis XV.

Fremaux menyoroti bahwa kontroversi muncul setelah film diumumkan di Cannes karena semua orang tahu Depp membuat film di Prancis. Dalam opini personal Fremaux, Depp merupakan aktor luar biasa dan piawai membintangi film maupun peran yang sulit.

"Jika ada satu orang di dunia ini yang tidak menemukan minat sedikit pun dalam sidang yang dipublikasikan, itu adalah saya. Saya tidak tahu itu tentang apa, tetapi saya peduli terhadap Johnny Depp sebagai seorang aktor," tutur Fremaux.

Faktanya, Jeanne du Barry mendapat sambutan meriah dalam pembukaan Cannes pada Selasa (16/5/2023). Penonton tak henti memberikan tepuk tangan hingga sekitar tujuh menit usai pemutaran perdana film drama biografi tersebut.

Melihat respons penonton pembukaan Cannes, Depp pun terharu sampai menyeka matanya. Apresiasi penonton juga membuat sutradara Maïwenn menangis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement