Selasa 16 May 2023 23:27 WIB

Meski Banyak Manfaatnya, Apa Kunyit Aman untuk Ibu Hamil?

Keamanan konsumsi kunyit bagi ibu hamil masih banyak dipertanyakan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Kunyit (ilustrasi). kunyit dan susu kunyit aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Yang terpenting, jumlah kunyit atau susu kunyit yang dikonsumsi secukupnya saja.
Foto: Flickr
Kunyit (ilustrasi). kunyit dan susu kunyit aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Yang terpenting, jumlah kunyit atau susu kunyit yang dikonsumsi secukupnya saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunyit dikenal sebagai rempah yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, mulai dari antibakteri hingga antikanker. Akan tetapi, keamanan konsumsi kunyit bagi ibu hamil masih kerap dipertanyakan.

Menurut ahli ginekologi Dr Ramya Kabilan, kunyit dan susu kunyit aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Yang terpenting, jumlah kunyit atau susu kunyit yang dikonsumsi secukupnya saja.

Baca Juga

"Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, (kunyit) umumnya dianggap aman selama kehamilan," lanjut konsultan senior di bidang obstetri dan ginekologi, Dr Suruchi Desai, seperti dilansir Indian Express.

Dr Desai mengatakan, kunyit memiliki kandungan bahan aktif bernama kurkumin. Kandungan bahan aktif ini dapat memberikan efek antiperadangan dan antioksidan yang kuat.

"(Saat kunyit) dikombinasikan dengan susu, akan tercipta minuman menyehatkan yang berpotensi membantu pencernaan, menurunkan gejala kembung dan bergas, serta menunjang sistem imun," jelas dr Desai.

Beragam manfaat tersebut, dapat sangat membantu ibu hamil. Alasannya, ibu hamil kerap mengalami masalah pencernaan dan membutuhkan dukungan untuk menunjang imun.

Akan tetapi, spesialis obstetri dan ginekologi dr Vimala Chapala memiliki pendapat yang sedikit berbeda. Menurut dr Chapala, konsumsi kunyit selama kehamilan dapat bermanfaat dalam membantu mencegah preeklampsia.

"Konsumsi kunyit dalam jumlah kecil mungkin bisa bermanfaat," kata dr Chapala.

Meski begitu, dr Chapala tidak merekomendasikan konsumsi susu yang dicampurkan dengan kunyit selama masa kehamilan. Konsumsi susu kunyit secara rutin selama kehamilan dapat mengubah hormon estrogen di dalam tubuh yang kemudian berpotensi memicu kontraksi rahim atau perdarahan.

Terlepas dari perbedaan pendapat terkait konsumsi susu kunyit, para ahli sepakat bahwa ibu hamil perlu menghindari konsumsi suplemen kunyit. Alasannya, konsumsi suplemen kunyit bisa mengubah hormon estrogen dalam tubuh ibu hamil.

"Yang dapat memicu kontraksi rahim atau perdarahan," ujar dr Chapala.

Sebagai tambahan, dr Desai mengatakan suplemen kunyit kerap mengandung kurkumin dalam konsentrasi yang tinggi. Kandungan ini berpotensi untuk menstimulasi rahim atau mendorong terjadinya menstruasi, sehingga dapat berisiko bagi kehamilan.

"Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda sebelum mulai mengonsumsi suplemen apa pun selama hamil," kata dr Desai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement