Kamis 11 May 2023 19:00 WIB

Pasang Veneer pada Gigi, Bolehkah Menurut Islam?

Veneer dapat menyembunyikan retakan, noda, dan ketidaksempurnaan lain pada gigi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Gigi (ilustrasi). Veneer adalah salah satu perawatan kedokteran gigi kosmetik yang paling umum.
Foto: www.freepik.com
Gigi (ilustrasi). Veneer adalah salah satu perawatan kedokteran gigi kosmetik yang paling umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang ada yang ingin menunjang penampilan dengan menggunakan veneer gigi. Gigi mereka bisa tampak lebih putih dan rapi dengan veneer.

Veneer gigi juga sedang marak di Eropa. Sebagian peminat veneer bahkan ada yang memilih untuk datang ke Turki demi mendapatkan layanan dengan harga yang lebih miring. Namun, penggunaannya halal dalam Islam?

Baca Juga

Dilansir laman Cleveland Clinic, Kamis (11/5/2023), veneer gigi adalah cangkang yang dibuat khusus yang pas di permukaan depan gigi Anda. Veneer dapat menyembunyikan retakan, noda, dan ketidaksempurnaan lainnya pada penampilan gigi.

Veneer adalah salah satu perawatan kedokteran gigi kosmetik yang paling umum. Ada beberapa jenis veneer yang tersedia, tergantung pada tujuan spesifik Anda.

 

Dosen senior dan cendekiawan Islam di Islamic Institute of Toronto, Ontario, Kanada, sheikh Ahmad Kutty menjelaskan, jika memasang veneer hanyalah prosedur kosmetik, itu tidak diperbolehkan atau tidak disarankan.

"Namun, jika itu adalah prosedur korektif yang dimaksudkan untuk memperbaiki kelainan bentuk, maka itu diperbolehkan," ujarnya, seperti dilansir laman About Islam, Kamis (11/5/2033).

Namun, sheikh Ahmad memperingatkan agar tidak menggunakan prosedur ini hanya untuk tujuan kosmetik. Karena melakukan hal itu hanya untuk alasan kecantikan sama saja dengan merusak ciptaan Allah SWT.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement