Kamis 11 May 2023 03:10 WIB

Perjuangan Zaskia Mecca Urus Anak dan Suami yang Menderita Asma

Lima dari enam anak Zaskia Mecca menderita asma.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Selebritas Zaskia Adya Mecca. Zaskia mengatakan lima dari enam anaknya penderita asma. Suaminya, Hanung Bramantyo, juga menderita penyakit yang sama.
Foto: Desy Susilawati/Republika
Selebritas Zaskia Adya Mecca. Zaskia mengatakan lima dari enam anaknya penderita asma. Suaminya, Hanung Bramantyo, juga menderita penyakit yang sama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Figur publik Zaskia Adya Mecca mengungkapan pengalaman sehari-hari bersama keluarga kecilnya yang mayoritas menderita asma. Dari total enam anak, lima di antaranya menderita asma. Begitu juga dengan sang suami, sutradara Hanung Bramantyo.

"Aduh kalau ditanya tuh capek banget, aku awal nikah biasa saja sama yang namanya asma, adikku juga asma, sampai akhirnya punya anak, makin banyak akhirnya, semua asma," kata Zaskia dalam acara bersama AstraZeneca di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga

Awalnya, Zaskia berpikir anak-anaknya hanya mengalami sesak. Tetapi pada akhirnya ia menghadapi kenyataan kalau anak-anaknya menderita asma.

"Jadi riwayat perjalanan anak asma itu capek luar biasa, aku sampai ingin sekolah asma, sampai bilang ke mereka harus ada yang jadi dokter paru, tapi melihat mereka kambuh, kadang rasanya aku lebih capek," kata dia.

Zaskia bercerita saat puncaknya serangan asma ketika anak ketiganya, Bhai Kaba Bramantyo, harus masuk unit perawatan intensif (ICU) akibat penumonia. Ia merasa capek sekaligus antusias untuk mempelajari penyakit asma karena ingin tahu pengetahuan dan pengobatan yang tepat.

Anak keempatnya, Bhre Kata Bramanty, juga beberapa kali dirawat inap. Menurutnya, setiap menjalani pengobatan rawat inap, biayanya tidak pernah kurang dari Rp 60 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement