Jumat 05 May 2023 12:49 WIB

Vaksin RSV Pertama di Dunia, Arexvy, Dapat Persetujuan Penggunaan untuk Manula di AS

RSV merupakan penyakit pernapasan yang mengancam jiwa.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin respiratory syncytial virus (RSV) pertama di dunia, Arexvy, telah disetujui untuk digunakan di Amerika Serikat (AS) oleh Badan Pengawas Makanan dan Obat- obatan (FDA).
Foto:

Studi ini dirancang untuk menilai keamanan dan efektivitas dosis tunggal yang diberikan kepada individu berusia 60 tahun ke atas. Dalam studi ini, sekitar 12.500 peserta menerima Arexvy dan 12.500 peserta menerima plasebo.

Di antara peserta, vaksin secara signifikan mengurangi risiko pengembangan LRTD terkait RSV sebesar 82,6 persen. Vaksin tampak mengurangi risiko pengembangan LRTD terkait RSV parah sebesar 94,1 persen.

Peserta studi akan tetap dalam masa pemantauan selama tiga musim RSV untuk menilai durasi efektivitas dan keamanan serta efektivitas vaksinasi ulang. Data untuk satu dosis Arexvy dari musim RSV pertama penelitian tersedia untuk analisis FDA.

Efek samping Arexvy

Efek samping yang paling sering dilaporkan oleh individu yang menerima Arexvy adalah nyeri di tempat suntikan, kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, dan kekakuan/nyeri sendi. Di antara semua peserta uji klinis, fibrilasi atrium dalam waktu 30 hari setelah vaksinasi dilaporkan pada 10 peserta yang menerima Arexvy dan empat peserta yang menerima plasebo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement