Jumat 05 May 2023 09:28 WIB

Ed Sheeran tak Terbukti Langgar Hak Cipta Lagu Marvin Gaye

Ed Sheeran terbebas dari tuduhan menjiplak lagu hit Marvin Gaye, Let's Get It On.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Musisi Ed Sheeran (tengah) tiba di pengadilan federal untuk menghadiri sidang kasus gugatan pelanggaran hak cipta terhadap lagu hit Marvin Gaye, Lets Get It On,  di New York, New York, AS, 4 Mei 2023. Sheeran memenangkan kasus tersebut.
Foto:

Sheeran juga berpendapat bahwa progresi akord yang dimaksud, yakni 1-3-4-5 (do-mi-fa-sol), adalah hal yang umum dalam lagu-lagu pop.

"Saat Anda memainkan lagu secara live dan cocok dengan kunci yang sama, sebagian besar lagu pop berputar dalam tiga atau empat akord yang sama," ujar pelantun "Shape of You" itu.

Ini bukan pertama kalinya Sheeran digugat karena diduga menjiplak karya artis lain. Pada 2016, penulis lagu Martin Harrington dan Thomas Leonard mengajukan gugatan karena meyakni lagu balada dari penyanyi pemenang Grammy itu, "Photograph", menyalin kata demi kata dari lagu mereka, "Amazing", tahun 2009.

Gugatan itu akhirnya diselesaikan di luar pengadilan. Sheeran kemudian dituduh secara terang-terangan menyalin lagu Jasmine Rae "When I Found You" untuk menciptakan "The Rest of Our Life", yang ia tulis bersama untuk Faith Hill dan Tim McGraw. Reuters melaporkan gugatan itu juga telah diselesaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement