Kamis 04 May 2023 07:00 WIB

Hipertensi Bisa Pengaruhi Kepribadian, Benarkah?

Menurunkan tekanan darah tinggi dapat membawa manfaat baik bagi kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seseorang dibekap emosi (ilustrasi). Menurut studi, tekanan darah diastolik yang tak terkontrol bisa membuat seseorang menunjukkan perilaku neurotik.
Foto:

Bila yang meningkat hanya tekanan darah sistolik, kondisi tersebut dikenal sebagai isolated diastolic hypertension atau hipertensi sistolik terisolasi. Sedangkan bila hanya tekanan darah diastolik yang meningkat, kondisi tersebut dikenal sebagai isolated diastolic hypertension atau hipertensi diastolik terisolasi.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

 

Mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi dapat membawa manfaat baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan kardiovaskular dan beberapa organ penting lain. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengontrol tekanan darah adalah menerapkan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.

"(Bagi individu bertubuh gemuk) cara paling efektif untuk meredakan tekanan darah yang meningkat adalah menurunkan berat badan," ujar Harvard Health.

Terkait olahraga, Harvard Health menganjurkan olahraga selama 30 menit sebanyak lima hari dalam sehari. Selain dapat menjaga kesehatan secara umum, olahraga rutin juga bisa menunjang upaya menjaga berat badan yang ideal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement