Selasa 18 Apr 2023 00:30 WIB

Tekanan Darah Terlalu Tinggi, Empat Tanda Ini Sinyalnya

Berapakah tekanan darah yang normal?

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Mengukur tekanan darah (ilustrasi). Ketika tekanan darah seseorang sudah terlalu tinggi, itu akan membebani jantung, pembuluh darah, dan organ lainnya.
Foto: www.freepik.com.
Mengukur tekanan darah (ilustrasi). Ketika tekanan darah seseorang sudah terlalu tinggi, itu akan membebani jantung, pembuluh darah, dan organ lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengawas Farmasi Superdrug di London, Inggris, Niamh McMillan, memperingatkan ada tanda-tanda "serius" yang menunjukkan tekanan darah Anda terlalu tinggi. Penderita hipertensi akan merasa sakit kepala, sesak napas, nyeri dada, dan mimisan.

McMillan menyarankan untuk tidak mengabaikan tanda-tanda bahaya tersebut. Sebab, sakit kepala hingga mimisan itu biasanya tidak terjadi sampai tekanan darah sangat tinggi atau mengancam jiwa.

Baca Juga

"Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk mengembangkan penyakit jantung seperti strok dan serangan jantung," ujar McMillan, dilansir laman Express, Senin (17/4/2023).

Kabar baiknya, memiliki tekanan darah tinggi tidak berarti orang pasti akan mengalami gejala kondisi tersebut. McMillan mengatakan banyak orang merasa baik-baik saja.

Menurut McMillan inilah yang membuat penting untuk memeriksakan tekanan darah secara teratur, terutama jika Anda berusia di atas 40 tahun. Tekanan darah tinggi biasanya berkembang selama beberapa tahun sehingga penderitanya biasanya tidak akan melihat gejala apa pun.

"Diperlukan waktu hingga puluhan tahun agar kondisinya mencapai tingkat yang cukup parah sehingga gejalanya menjadi jelas dan bahkan kemudian, gejala bisa terkait dengan masalah lain," katanya.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

Sementara itu, apoteker Pengawas Phil Day, dari Pharmacy2U di Leeds, setuju bahwa gejala tekanan darah tinggi tidak selalu terlihat. Dijuluki "silent killer", efek berbahaya dari tekanan darah tinggi biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang sepenuhnya.

Day menjelaskan ketika tekanan darah seseorang sudah terlalu tinggi, itu akan membebani jantung, pembuluh darah, dan organ lainnya. Jika terus berlanjut, itu bisa meningkatkan risiko kondisi yang berpotensi mengancam jiwa, misalnya kena penyakit jantung, gagal jantung, strok, penyakit ginjal, aneurisma aorta, dan penyakit Alzheimer.

Lalu, bagaimanakah pembacaan tekanan darah yang ideal? National Health Service (NHS) di Inggris mengatakan pembacaan tekanan darah yang ideal harus antara 90/60mmHg hingga 120/80mmHg. Target untuk di atas 80 tahun adalah di bawah 150/90mmHg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement