Rabu 03 May 2023 22:09 WIB

Dada Anda Nyeri Saat Batuk? Waspada Radang Selaput Paru

Periksakan jika dada terasa nyeri ketika batuk, terutama jika ada keluhan lainnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri dada ketika batuk (Ilustrasi). Radang selaput paru ditandai dengan adanya rasa nyeri dada yang tajam dan memburuk saat bernapas, batuk, maupun bersin.
Foto:

Penyebab Lain Nyeri Saat Batuk

Meski nyeri saat batuk merupakan salah satu gejala utama radang selaput dada, ada juga penyebab lain yang bisa memicu keluhan tersebut. Selama tanda ini tidak terus-menerus atau parah, rasa sakitnya sebetulnya bisa hilang dengan sendirinya.

“Namun, nyeri dada terkadang bisa menandakan infeksi paru yang serius, seperti pneumonia atau bronkitis akut yang tidak terlalu parah," kata Bille.

Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru meradang. Kantung udara dapat berisi cairan atau nanah, menyebabkan batuk berdahak atau nanah, demam, menggigil. dan kesulitan bernapas.

Sementara itu, bronkitis adalah peradangan pada saluran yang membawa udara ke dan dari paru-paru Anda. Iritasi pada saluran bronkial Anda dapat menyebabkan serangan batuk berulang kali, yang dapat menyebabkan nyeri dada.

Merasa khawatir dengan gejala yang terus-menerus mengusik atau tidak biasa? Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement