Rabu 03 May 2023 08:05 WIB

Album Suga BTS D-Day Jadi Runner Up di Billboard 200

Pakai nama Agust D, Suga BTS menyamai prestasi Jimin sebagai solois K-pop.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Suga BTS. Lewat album D-Day, Suga BTS menempati posisi No 2 di bagan album utama Billboard 200.
Foto: Instagram/@agustd
Suga BTS. Lewat album D-Day, Suga BTS menempati posisi No 2 di bagan album utama Billboard 200.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Anggota raksasa K-pop BTS, Suga, menempati posisi No. 2 di bagan album utama Billboard 200 lewat album solo full-length pertamanya D-Day. Prestasi itu menyamai capaian rekan satu grupnya, Jimin.

Jimin mencapai posisi yang sama dengan album Face pada bulan lalu sebagai solois K-pop dengan peringkat tertinggi. Dilansir Yonhap pada Selasa (2/5/2023), Billboard mengatakan dalam pratinjau tangga lagu minggu ini, album D-Day memulai debutnya di No. 2 dengan 140 ribu keping unit album setara, termasuk 122 ribu penjualan album fisik.

Baca Juga

Sementara itu, One Thing at a Time dari penyanyi Amerika, Morgan Wallen menduduki posisi No. 1 selama delapan kali berturut-turut. Bagan tersebut memeringkat album paling populer minggu ini di Amerika Serikat, yang diukur dengan unit album yang setara yang terdiri dari penjualan album fisik dan catatan penjualan digital lainnya.

Seperti banyak perilisan K-pop, edisi CD D-Day diterbitkan dalam paket CD yang dapat dikoleksi yang masing-masing berisi kumpulan item standar dan elemen acak. D-Day juga tersedia sebagai album unduhan digital standar, serta tiga sampul digital alternatif, varian unduhan yang dijual secara eksklusif melalui toko web resmi artis.

"Dari penjualan minggu pertama D-Day, 90 persen adalah CD, sedangkan 10 persen sisanya adalah unduhan album digital," kata Billboard.

Dengan prestasi tersebut, Suga menjadi anggota ketiga band yang mencetak top 10 di Billboard 200, setelah RM (No. 3) dengan album solo debutnya, Indigo dan Jimin. D-Day dirilis 21 April dengan nama panggung lain Suga, Agust D. Karya ini menandai proyek solo pertama sang rapper dalam tiga tahun sejak D-2 pada 2020, ketika mixtape tidak resminya rilis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement