Kamis 27 Apr 2023 22:19 WIB

Akhir Penampilan Suga BTS di Tur Amygdala Bikin Army Terharu

Suga BTS menggelar tur solo pertamanya dengan nama panggung Agust D.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Suga BTS bersolo karier dengan nama panggung Agust D.
Foto: Instagram/@agustd
Suga BTS bersolo karier dengan nama panggung Agust D.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Penyanyi rap Suga BTS telah memulai tur dunia solo pertamanya di Belmont Park di New York, Amerika Serikat. Penyanyi yang mengusung nama solo Agust D itu membawakan lebih dari 20 lagu, termasuk lagu dari dua mixtape, album lengkap, dan beberapa lagu hits BTS.

Dalam turnya, seni dan kreativitasnya sebagai Suga BTS dan Agust D bertemu dan berbaur. Sebelumnya, dia telah menjelaskan rencana  menggunakan alter egonya untuk mengekspresikan cerita mentah dan emosi yang lebih berat daripada yang biasanya diungkapkannya sebagai Suga.

Baca Juga

"Perbedaannya adalah bahwa ada lebih banyak yang dapat saya ungkapkan secara terbuka dan saya dapat menunjukkan sisi yang lebih mentah kepada diri saya sendiri (dengan Agust D). Yang serupa adalah bahwa keduanya menyanyikan mimpi dan harapan," kata Suga, dilansir Korea Boo, Kamis (27/4/2023).

Albumnya yang baru dirilis, D-Day, juga dirilis dengan nama Agust D. Suga merinci perjuangan yang dia atasi dalam lagunya "Amygdala" di album solo resmi pertamanya itu.

Liriknya terbuka tentang cedera bahu traumatis yang terjadi setelah Suga ditabrak mobil saat melakukan pekerjaan pengantaran barang semasa menjadi trainee. Pada saat itu, dia memberi tahu sesama anggota dan perusahaan bahwa dia jatuh dari tangga.

Saat itu, Suga tidak ingin melewatkan kesempatan untuk debut. Suga juga mengungkapkan saat-saat emosional dan memilukan yang dia alami secara diam-diam, termasuk operasi jantung ibunya dan diagnosis kanker hati ayahnya.

Rasa sakit yang Suga rasakan dimainkan dengan cara yang mentah dan emosional dalam video musik lagu tersebut. Ada banyak yang bertanya-tanya bagaimana penampilan panggung yang potensial jika Suga membawakan lagu tersebut di konser bertajuk "Suga | Agust D D-Day" untuk tur dunianya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement