Senin 01 May 2023 08:45 WIB

Post Holiday Blues Bisa Menyerang, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jaga suasana hati tetap positif setelah libur panjang.

Kepadatan arus balik menuju jalur utara arah Subang di Jalan Tangkuban parahu, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (30/4/2023). Secara umum, liburan baik untuk kesehatan mental seseorang.
Foto:

Selain itu, bersandar pada teman dan keluarga dapat membantu seseorang terus merasa terhubung dan tidak sendirian. Koneksi yang dekat juga dapat berguna dalam membantunya menavigasi apa yang sedang dialami.

Di sisi lain, bagi mereka yang merasa stres saat harus kembali bekerja usai liburan, American Psychological Association (APA) memberikan sejumlah kiat guna membantu mengelolanya antara lain memanfaatkan jurnal untuk melacak situasi yang menyebabkan stres. Setelah itu, cari cara sehat untuk mengatasinya seperti berolahraga dan menjaga kualitas tidur yang baik.

Coba juga prioritaskan perawatan diri dan meluangkan waktu untuk hobi atau melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti membaca buku, pergi ke konser, atau menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Hal lainnya yang bisa dilakukan ialah membuat batasan kehidupan kerja, seperti tidak memeriksa surat elektronik atau email di luar hari kerja atau tidak menjawab telepon atau pesan setelah jam tertentu.

Ini memungkinkan seseorang memiliki waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri dari pekerjaan. Berbicara dengan teman, keluarga, atau kolega terpercaya, dan meminta dukungan mereka pun dapat menjadi upaya mengelola stres terkait pekerjaan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement