Ahad 30 Apr 2023 16:40 WIB

Cuaca Panas Masih Sampai Mei, Prof Tjandra Beri Tips Lindungi Diri

Cuaca panas masih akan berlangsung hingga Mei.

Warga beraktivitas saat cuaca terik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (24/4/2023). Cuaca panas diperkirakan masih akan berlangsung hingga Mei 2023.
Foto:

Selain menjaga tubuh terhidrasi dan beraktivitas di dalam ruangan, masyarakat dianjurkan pula untuk menggunakan pakaian yang berwarna cerah dan relatif longgar. Dengan begitu, hawa panas tidak menyerap ke dalam kulit.

Menurut Tjandra, tubuh juga bisa terhindar dari penyakit bila masyarakat memilih waktu di pagi hari atau malam hari untuk berolahraga sehingga tidak terlalu merasakan panas. Lakukan aktivitas fisik secara bertahap, misalnya mulai bersepeda pelan-pelan dulu dan baru setelahg beberapa waktu menggenjot lebih cepat.

Tjandra juga mengimbau supaya seluruh masyarakat tetap mengikuti perkembangan berita terakhir terkait kondisi cuaca di daerah masing-masing melalui BMKG ataupun sumber terpercaya lainnya.

"Jadi prinsip dasarnya adalah stay cool, stay hydrated, and stay informed, (tetap dinginkan tubuh, tetap terhidrasi, dan tetap ikuti informasi)," kata Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement