Senin 24 Apr 2023 12:30 WIB

Kena Influenza Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

Apa yang membuat influenza meningkatkan risiko serangan jantung?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Flu (ilustrasi). Peneliti Belanda para peneliti menemukan orang memiliki kemungkinan 6,16 kali lebih tinggi terkena serangan jantung pada pekan setelah terkena flu dibandingkan dengan tahun sebelum atau sesudahnya.
Foto:

Studi memiliki keterbatasan

Craig Bober, seorang dokter pengobatan keluarga di Inspira Medical Group Primary Care Mantua di Sewell, New Jersey, AS  mencatat batasan utama dari penelitian ini. Dia tidak terlibat dalam penelitian di Belanda.

"Penting untuk dicatat bahwa penelitian ini tidak dirancang untuk mencerminkan populasi umum karena hanya melihat mereka yang diuji di rumah sakit, pasien ini cenderung paling sakit dan biasanya lanjut usia," ujar Bober.

Namun, penelitian ini tentu saja menekankan bahaya infeksi yang dimediasi oleh virus yang tampaknya tidak berbahaya. Greene menyatakan, untuk membantu meminimalkan risiko serangan jantung, semua orang harus melakukan pemeriksaan kardiovaskular mulai usia 40 tahun,atau lebih awal jika ada riwayat penyakit jantung dini dalam keluarga. Ia juga merekomendasikan vaksin flu tahunan, yakni vaksinasi influenza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement