Kamis 20 Apr 2023 11:52 WIB

Ragam Penyebab Serangan Jantung yang Diduga Merenggut Nyawa Carlo Saba

Nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada yang datang tiba-tiba perlu diwaspadai.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Serangan jantung dapat dimulai dengan rasa nyeri atau tidak nyaman di bagian dada/ilustrasi.
Foto: Foto : MgRol_92
Serangan jantung dapat dimulai dengan rasa nyeri atau tidak nyaman di bagian dada/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serangan jantung diduga menjadi penyebab kematian Carlo Saba. Gejalanya khasnya adalah nyeri dada. Lalu apa sebenarnya penyebab terjadinya serangan jantung?

Konsultan Intervensi dan Aritmia Jantung Eka Hospital BSD, Dr Ignatius Yansen NG., SpJP (K), FIHA mengatakan jika pernah merasakan atau mendengar seseorang yang tiba-tiba mengeluhkan nyeri dada atau rasa tidak nyaman di bagian dada, banyak yang menganggap bahwa ini hanyalah keluhan dada biasa atau bahkan masuk angin dan tidak berpikir bahwa hal tersebut dapat berpotensi menjadi sesuatu yang lebih buruk, seperti serangan jantung.

Baca Juga

"Padahal, nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada yang datang tiba-tiba, bertahap dan semakin memberat bisa menjadi alarm bagi tubuh Anda dan perlu diwaspadai akan risiko terjadinya serangan jantung di kemudian waktu," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (20/4/2023).

Penyebab serangan jantung

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab serangan jantung, yaitu:

 

1. Trombosis akut

Trombosis akut adalah sebuah gangguan jantung yang bisa menjadi penyebab dari serangan jantung datang. Kondisi ini adalah gangguan ketika pembuluh darah jantung mengalami penutupan mendadak dan menghambat aliran darah ke jantung.

 

2. Hipoksemia

Selain itu, sebuah kondisi langka bernama hipoksemia juga bisa menjadi penyebab serangan jantung, yaitu sebuah kondisi dimana paru-paru mengalami penurunan fungsi karena faktor tertentu atau tidak dapat bekerja dengan maksimal sehingga kadar oksigen dalam darah menjadi rendah atau bisa diakibatkan oleh anemia dimana jumlah oksigen yang ke jantung berkurang.

 

3.Penggunaan obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan yang terlalu sering dikonsumsi juga dapat memicu serangan jantung, seperti obat dengan zat adiktif. Maka dari itu penting bagi Anda untuk lebih bijak dalam mengonsumsi obat-obatan dengan selalu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk obat yang Anda minum.

 

4. Gaya hidup tidak sehat 

Gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga, pola makan buruk, merokok juga bisa memicu penumpukan lemak atau kolesterol dalam tubuh, yang merupakan salah satu pemicu utama dari terjadinya serangan jantung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement