Ahad 16 Apr 2023 07:30 WIB

Anak Remaja Pernah Melakukan Hubungan Seksual, Adakah Ciri untuk Mengenalinya?

Remaja pelaku seks bebas perlu diperiksakan secara medis dan psikologis.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Remaja menyendiri (Ilustrasi). Orang tua perlu menerapkan pola asuh yang tepat agar remajanya tak terjerumus seks bebas.
Foto: Pxhere
Remaja menyendiri (Ilustrasi). Orang tua perlu menerapkan pola asuh yang tepat agar remajanya tak terjerumus seks bebas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi psikolog keluarga Nuzulia Rahma Tristinarum mengungkapkan kasus remaja pelaku seks bebas angkanya tinggi, bahkan meningkat dari tahun ke tahun. Namun, saat remaja sudah melakukan hubungan seksual, biasanya mereka enggan mengungkapkannya pada orang tua maupun kerabatnya.

Lalu, bagaimana cara mengenali anak remaja yang sudah pernah melakukan hubungan seksual? Psikolog yang karab disapa Lia ini mengatakan biasanya jika ini hal yang baru dilakukannya, ada sikap anak yang berubah, misalnya anak remaja jadi lebih pendiam, mengurung diri di kamar, dan terlihat cemas.

Baca Juga

"Namun, jika sudah berulang kali dilakukan dan sudah menjadi terbiasa, akan sulit mendeteksinya," kata Lia kepada Republika.co.id, Ahad (16/4/2023).

Oleh karena itu, Lia menyarankan agar orang tua menjadi sahabat anak. Dengan begitu, anak merasa dekat dengan ayah dan ibunya serta mau bercerita tentang apapun yang dialaminya.

 

Jika anak sudah telanjur melakukannya, sebaiknya jangan langsung dihukum. Dengarkan dulu ceritanya, alasannya sampai melakukan itu. Selanjutnya, bicaralah dari hati ke hati dengan anak remaja tentang perilakunya yang tidak baik.

"Bicarakan kekhawatiran kita sebagai orang tua, bicarakan bersama mengenai solusinya," ujar Lia.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement