Kamis 13 Apr 2023 17:30 WIB

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Cuci Muka Selama Cuaca Panas

Matahari pada cuaca panas bisa sangat keras pada kulit

Rep: Desy Susilawati / Red: Qommarria Rostanti
Mencuci muka (ilustrasi). Ada beberapa kesalahan mencuci muka saat cuaca panas.
Foto: www.freepik.com
Mencuci muka (ilustrasi). Ada beberapa kesalahan mencuci muka saat cuaca panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat ini Indonesia sedang mengalami musim peralihan atau pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau. Hal ini membuat udara terasa panas dan membuat kulit terasa lebih cepat kering.

Matahari pada cuaca panas bisa sangat keras pada kulit dan terutama jika mengenai wajah. Ketika mencuci muka pada cuaca panas, bisa jadi tanpa disadari Anda justru mengikuti langkah-langkah yang lebih berbahaya dibandingkan menjadikan kulit lebih sehat.

Baca Juga

Dokter kulit dan pendiri Estique Clinic, Gurugram, de Neha Sharma, mencantumkan hal penting yang harus dihindari saat mencuci muka pada cuaca panas:

1. Tidak membersihkan wajah dua kali sehari

Di lansir laman Zee News pada Rabu (13/4/2023), pada cuaca panas, Anda banyak berkeringat. Jika tidak membersihkan wajah dua kali sehari, dapat terjadi penumpukan minyak dan sebum yang dapat menyebabkan jerawat.

2. Mencuci wajah terlalu sering

Pada musim panas, kulit terasa lengket karena keringat dan kelembapan. Itu bisa tampak kusam. Untuk menjaga kulit tetap bersinar, Anda cenderung mencucinya secara berlebihan. Namun, overwashing dapat membuat kuli kering. Dalam kasus tekstur berminyak, kulit Anda akan memproduksi minyak secara berlebihan, sehingga meniadakan seluruh proses pembersihan.

3. Eksfoliasi berlebihan

Eksfoliasi bergungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk dari waktu ke waktu. Namun, pengelupasan terlalu sering bisa berbahaya. Ini menyebabkan kekeringan, pengelupasan, luka atau lecet pada kulit, dan iritasi.

Abrasi fisik menggunakan eksfoliator lebih berbahaya daripada eksfoliasi kimia. Pilih pengelupasan kimiawi dalam bentuk pengelupasan lembut di klinik dokter kulit Anda sebulan sekali.

4. Menggunakan suhu ekstrem untuk membersihkan wajah

Jangan membuat kesalahan dengan menggunakan air panas di wajah. Apalagi sampai percaya bahwa itu akan membantu membuka pori-pori Anda dan air dingin akan membantu menutupnya. Air panas bisa terlalu keras untuk kulit dan air dingin bisa jadi tidak efektif. Air hangat adalah pilihan terbaik untuk mencuci muka.

5. Menggunakan krim atau minyak pembersih sepanjang waktu

Meskipun krim pembersih dan minyak pembersih lembut efektif membuat kulit terasa sangat lembut dan halus, namun produk ini sering merusak lapisan kelembapan pada kulit. Selain itu juga dapat menyebabkan jerawat dan mencegah produk perawatan kulit Anda akan mengikuti menembus di kulit dengan benar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement