Selasa 11 Jun 2024 19:29 WIB

Tanda Kulit Wajah Sehat: Tak Kusam, Terhidrasi, dan Teksturnya Kenyal

Menurut dokter, kesehatan kulit tidak ditentukan dari warna.

Kulit wajah sehat (ilustrasi). Ada beberapa indikator yang dinilai menandakan kulit seseorang tergolong sehat.
Foto: www.freepik.com
Kulit wajah sehat (ilustrasi). Ada beberapa indikator yang dinilai menandakan kulit seseorang tergolong sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa indikator yang dinilai menandakan kulit seseorang tergolong sehat. Dr Farhan Zubedi mengatakan, indikator tersebut di antaranya permukaannya tidak terlihat kusam, sebum terkontrol baik, terhidrasi, dan teksturnya kenyal.

Lulusan Universitas Syiah Kuala itu menjelaskan, indikator kesehatan kulit juga mencakup tanda penuaan kulit berupa adanya kerutan pada area dahi atau pipi. "Kesehatan kulit itu tidak ditentukan dari warna. Kita memang punya standar kecantikan yang masih ekstrem, lebih condong ke kiri atau kanan, harus putih, bening Tapi, sebenarnya itu bukan patokan kulit sehat atau tidak," kata kreator konten kesehatan tersebut pada akhir pekan lalu.

Baca Juga

Dia menegaskan, berwarna gelap atau terang, kulit yang sehat akan tampak cerah dan bertekstur bagus. "Kalau skin pigmention (pigmentasi kulit) itu bukan untuk melihat kulit sehat. Tapi, memang secara penelitian, orang dengan kulit yang gelap itu lebih tahan lama dibandingkan yang terang karena melanin yang tinggi," katanya.

Dr Farhan menyebut, melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak paparan sinar ultraviolet hingga polusi. "Makanya, kalau kita kena sinar matahari, kita tan, kita hitaman, itu sebenarnya adalah reaksi tubuh melindungi kita karena melanin yang meningkat," katanya. 

 

Dia mengemukakan pentingnya membersihkan wajah dengan baik dalam upaya menjaga kesehatan kulit wajah. Saat membersihkan riasan pada wajah, kapas yang sudah digunakan untuk menghapus riasan pada bagian wajah tertentu sebaiknya tidak digunakan kembali. "Jangan melewati bagian yang sama dengan kain yang sama supaya dia tidak nempel," katanya.

"Jadi, kalau bisa satu kapas untuk sekali usap. Jadi, ganti dengan sisi lainnya, kan itu tebal, atau pakai sisi yang lain. Tapi, kalau bisa jangan lewati dengan bagian yang sama," kata dia lagi.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement