Kamis 13 Apr 2023 04:35 WIB

Umat Islam Harus Tahu, Begini Cara Membedakan Bakso Daging Sapi, Babi, dan Tikus

Bakso sapi, babi, dan tikus memiliki warna, tekstur, dan aroma yang berbeda.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Semangku bakso (ilustrasi). Untuk membedakan antara bakso sapi, babi, dan tikus ada beberapa ciri yang bisa dikenali oleh umat Islam.
Foto: www.freepik.com
Semangku bakso (ilustrasi). Untuk membedakan antara bakso sapi, babi, dan tikus ada beberapa ciri yang bisa dikenali oleh umat Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidangan bakso mudah sekali ditemukan di berbagai wilayah Indonesia, khususnya Jawa. Penggemar makanan yang terbuat dari daging ini terbilang cukup banyak.

Larisnya penjualan bakso membuat oknum pedagang nakal berulah dengan membuat bakso dari daging yang tidak halal. Beberapa kasus bakso oleh para penjual nakal pun sudah terjadi sejak lama. Misalnya memasukkan daging tikus, boraks, pemutih, dan bahan berbahaya lainnya. Ada juga bakso yang tanpa sepengetahuan konsumen Muslim, terbuat dari daging babi.

Baca Juga

Untuk membedakan antara bakso daging sapi dan babi, Founder Halal Corner, Aisha Maharani, mengunggah beberapa ciri-cirinya. “Teteh punya pengalaman pernah kejebak makan mi bakso babi pada 1999,” kata Aisha dalam akun Instagram milik yang disandingkan di akun Halal Corner.

Sejak saat itu, Aisha baru mau makan bakso jika warung bakso sudah mengantongi sertifikat halal. Dia menjelaskan, ada empat cara membedakan bakso daging sapi, babi, dan tikus:

1. Warna

Bakso daging sapi biasanya berwarna merah kecokelatan karena tergolong dalam red meat. Jika berbahan daging babi, warnanya lebih terang keabuan karena tergolong white meat. Sementara itu, apabila bakso terbuat dari daging tikus, warnanya cenderung lebih pucat.

2. Tekstur

Bakso daging sapi biasanya memiliki banyak serat, kesat, dan lebih berurat. Sementara bakso daging babi biasanya lebih halus dan berminyak, ini karena daging babi memiliki kadar lemak yang tinggi. Bakso daging tikus, teksturnya keras dan mudah pecah.

3. Aroma

Untuk dari aromanya, bakso daging sapi akan tercium bau khas daging sapi. Kemudian bakso daging babi aromanya lebih tajam dan amis, serta bakso daging tikus aromanya lebih amis lagi dan menyengat.

4. Harga

Bakso dengan bahan daging sapi tentunya akan dijual dengan harga yang lebih mahal. Sementara bakso daging babi dan daging tikus akan dijual dengan harga murah, ini dikarenakan babi dapat ditangkap dengan mudah begitu pula tikus sehingga penjual tak harus membeli daging sapi yang mahal.

Menanggapi postingan tersebut, banyak wargnet yang memberikan pandangan mereka terkait ciri-ciri bakso sapi, babi, dan tikus. Sebagian besar dari mereka menyarankan untuk membeli produk bakso yang sudah mengantongi sertifikat halal saja agar tidak ragu memakannya.

“Ciri itu bisa ditiru, tapi yang jadi ciri kuat itu kalau saya amati, yang punya branding, komunitas, dan keterbukaan. Saran saya, belilah produk yang sudah halal, atau belilah di UMKM sekitar yang sudah kita kenal. Cari yang punya branding bagus, berdiri lama, dan terbuka jika ditanya,” tulis akun @tofanmursyid**.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement