Selasa 11 Apr 2023 23:00 WIB

Manfaat Konsumsi Biji Mustard: Cegah Batu Ginjal Hingga Lindungi Tubuh dari Infeksi

Terkenal sebagai bahan masakan, biji mustard juga berkhasiat untuk kesehatan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Biji mustard. Ada beragam manfaat mengonsumsi biji mustard.
Foto: Wikimedia
Biji mustard. Ada beragam manfaat mengonsumsi biji mustard.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biji sesawi atau biji mustard adalah salah satu rempah yang paling cukup populer di dunia. Biji mustard ini kaya akan kalsium dan kalium serta memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan dan kebugaran.

Selain untuk kuliner, biji mustard juga digunakan dalam pengobatan tradisional yang berasal dari peradaban Yunani dan Romawi kuno. Menurut para dokter, biji mustard sangat membantu dalam mencegah batu ginjal.

Baca Juga

Biji mustard rendah natrium dan garam. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam National Library of Medicine, diet rendah garam mengurangi risiko kejadian komposit ginjal pada pasien yang memiliki masalah ginjal kronis.

Para dokter mengatakan bahwa diet tinggi natrium harus dihindari oleh orang-orang yang memiliki masalah ginjal dan batu. Ginjal yang sehat dapat mengeluarkan cairan ekstra, menjaga keseimbangan natrium dan cairan.

"Pada berbagai penyakit, ginjal mungkin tidak dapat membuang kelebihan cairan, yang dapat menyebabkan stres pada tubuh, terutama jantung," kata peneliti.

Selain baik untuk kesehatan ginjal, biji mustard juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lain. Berikut rinciannya, seperti dikutip dari Times Now News, Selasa (11/4/2023).

1. Mengurangi risiko kanker

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecule, beberapa senyawa dalam biji mustard membantu mengurangi gugus nitrogen reaktif yang terkait dengan proses karsinogenik. Senyawa seperti Sinigrin menyebabkan kematian sel kanker, meskipun mekanisme yang tepat dari aktivitas antikanker masih belum jelas.

Dihipotesiskan bahwa efek penghambatan Sinigrin disebabkan oleh efek modifikasi pada enzim tertentu yang menurunkan risiko kerusakan DNA pada jaringan yang menjadi target agen penyebab kanker.

2. Menurunkan kadar gula darah

Asupan biji mustard secara teratur, menurut dokter, membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

3. Membantu mempercepat proses penyembuhan

Sinigrin juga meningkatkan kemampuan penyembuhan luka ketika digunakan dalam kombinasi dengan fitosom berbasis lipid. Fitosom adalah molekul lemak yang membantu meningkatkan dampak bahan kimia berbasis herbal dengan meningkatkan penyerapannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement