Rabu 22 May 2024 19:16 WIB

Buah Zaitun, Si Kecil yang Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Buah zaitun dikenal karena kandungan antioksidan dan antiinflamasi alami.

Buah zaitun. Buah zaitun tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga kecantikan.
Foto: Boldsky
Buah zaitun. Buah zaitun tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga kecantikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli gizi klinik dr Raissa Edwina Djuanda, M Gizi, Sp G K-AIFO menjelaskan manfaat buah zaitun bagi kesehatan. Raissa menyampaikan, buah zaitun mengandung antioksidan yang dapat mencegah dampak buruk radikal bebas terhadap kesehatan tubuh.

"Buah zaitun sendiri dikenal karena kandungan antioksidan dan antiinflamasi alami. Selain khasiatnya untuk kecantikan dan kesehatan, ekstrak buahnya ternyata juga bermanfaat baik untuk mendukung kesehatan kita sehari-hari," kata dia pada Rabu (22/5/2024).

Baca Juga

Anggota Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) Cabang DKI Jakarta itu mengatakan, buah zaitun mengandung zat aktif hydroxytyrosol, antioksidan yang empat kali lebih kuat dibandingkan vitamin C dalam menangkal dampak radikal bebas. ​​​​​​Hydroxytyrosol juga berdampak baik pada pembentukan dan pertumbuhan tulang.

"Keberadaan zat aktif inilah yang membantu mempercepat penyerapan kalsium pada tulang," kata Raissa.

Menurut Raissa, kandungan antioksidan dalam buah zaitun pun baik untuk kesehatan jantung. Dalam hal ini, hydroxytyrosol bertindak sebagai pelindung sistem kardiovaskular.

Menurut hasil penelitian, hydroxytyrosol juga punya kemampuan antimikrobial, dapat menghambat laju pertumbuhan bakteri pada manusia. Selain pada buah zaitun, antioksidan terdapat dalam daun katuk, kemangi, ginseng, bunga kecombrang, bunga telang, ubi jalar, kunyit, temulawak, jambu biji, mangga, pepaya, delima, dan stroberi. Raissa menyampaikan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu meminimalkan dampak buruk radikal bebas terhadap kesehatan.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement