Rabu 29 Mar 2023 18:57 WIB

Masih Ingat Bu Tejo? Film Pendek Tilik akan Dibuat Versi Serial

'Tilik the Series' akan tayang sebanyak delapan episode di WeTV.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di Tilik the Series.
Foto: WeTV
Salah satu adegan di Tilik the Series.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kisah dalam film pendek berjudul Tilik kini berlanjut dalam "Tilik the Series". Serial yang terdiri dari delapan episode tersebut tayang eksklusif di WeTV mulai Jumat, 31 Maret 2023, dan akan tayang setiap hari Jumat pekan berikutnya.

Pada film pendek Tilik, diceritakan serombongan ibu-ibu dari sebuah kampung pergi menjenguk Bu Lurah yang sedang dirawat di rumah sakit. Tayangan itu menjadi viral, salah satunya karena karakter Bu Tejo dengan sikap "julid"-nya terhadap berbagai hal.

Baca Juga

"Tilik the Series" melanjutkan cerita Bu Tejo (Siti Fauziah) dan sejumlah karakter lain di kampungnya. Bu Tejo yang dikenal sebagai tukang gosip dan suka pamer, kini berbalik menjadi sosok yang digosipkan oleh warga di tengah drama pemilihan lurah.

Pasalnya, Pak Tejo (Ibnu Widodo) yang merupakan calon lurah digosipkan berselingkuh. Bu Tejo pun harus menghadapi Pak Tejo yang berubah karena ego dan ambisinya dalam menjadi calon kepala lurah, serta menghadapi berbagai permasalahan lain dalam hidupnya.

 

Sineas Wahyu Agung Prasetyo yang mengarahkan film pendek Tilik rilisan 2018, kini kembali menjadi sutradara serial. Dia menyampaikan, ide cerita soal pencalonan lurah diusung setelah melewati berbagai diskusi. Pada film pendeknya pun, hal itu sempat disinggung lewat dialog para pemeran.

"Fokus serial bukan pada politik, tapi bagaimana Bu Tejo menghadapi berbagai konflik di lingkungannya. Kalau di film pendek Bu Tejo terlihat julid, di serial akan diketahui kenapa dia julid," ujar Agung pada peluncuran virtual WeTV Original Tilik The Series, Rabu (29/3/2023).

Latar waktu kisah dalam serial berlangsung tidak lama setelah latar waktu di film pendek, sehingga semua cerita masih saling terkait. Bedanya, kini semesta kisah "Tilik The Series" lebih luas dan hadir banyak karakter baru untuk mendukung cerita.

Agung mengaku mendapat cukup banyak tawaran untuk meneruskan kisah di film pendek Tilik. Setelah diskusi dengan tim, diputuskan bahwa saat ini medium bercerita yang sesuai adalah serial karena durasinya dinilai bisa menghadirkan emosi kisah secara tepat.

Dia menekankan, semangat rumah produksi Ravacana Films menghadirkan film pendek silam tetap sama dengan perilisan serial kali ini. "Tidak hanya menyuguhkan tontonan yang penuh tawa, tapi tontonan yang mengajarkan bagaimana menjadi manusia," kata Agung.

"Tilik The Series" merupakan kolaborasi antara Ravacana dan WeTV bersama MD Entertainment. Country Head WeTV dan iflix Indonesia yang menjabat sebagai produser eksekutif serial, Lesley Simpson, menyampaikan serial bisa disimak di WeTV secara gratis.

"Pengguna yang berlangganan bisa menonton tanpa jeda iklan dan berkesempatan mengakses lebih awal. Akan tetapi, sampai tamat, serial ini akan ditayangkan secara gratis. Semoga menghibur masyarakat Indonesia," kata Lesley.

Serial turut dibintangi Brilliana Desy Arfia, Putri Manjo, Dyah Novia, Seteng Sadja, dan Jamaludin Latif. Terdapat dua lagu tema serial yang akan dirilis bersamaan dengan penayangannya, yakni "Sendal Jepit Abang" dengan aransemen keroncong serta "Neng Kene Dino Iki" yang hadir dalam versi dangdut dan campursari.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement